Search
Close this search box.
Share

Random Thing’s #1: Sebuah Cita-cita

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
sebuah cita-cita

Jadi rencananya aku ingin website ini tidak hanya menulis artikel yang baku, tetapi juga aku ingin mengisi website ini dengan sesuatu yang agak personal bagiku. Sebenarnya ini website sekaligus blog dan rencananya aku ingin menulis secara random tentang apa yang sedang aku pikirin dan juga sedang aku alami.

Ketika aku sekolah menengah pertama, aku punya hobi membaca buku. Kala itu aku banyak membaca buku tentang tutorial, komputer, dan bisnis. Sejak saat itu aku mulai mengoleksi buku-buku penerbit Elex Media yang dimana kebanyakan penulisnya itu bagus dan bahasanya sangat enak untuk dibaca. Aku inget saat itu salah satu penulis yang aku favoritkan adalah mas Jefferly Helian. Dia banyak membahas buku tentang bisnis dan sosial media.

Cita-cita
Beberapa buku dari Penulis Jefferly Helian

Sejak saat itu, aku ingin menjadi seorang penulis. Iya, penulis buku yang banyak pembelinya dan peminatnya. Entahlah, aku merasa bahwa menjadi penulis itu adalah suatu langkah bagaimana aku bisa membagikan apa yang aku ketahui untuk orang lain yang mungkin belum mengetahuinya. Andaikata soal digital marketing. Aku bisa membagikan ilmu yang aku miliki soal digital marketing melalui sebuah tulisan dalam buku agar orang lain bisa membaca dan mempelajarinya.

Saat aku sekolah menengah keatas, aku sebenarnya mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang penulis. Caranya adalah dengan menjadi penulis pelengkap. Kala itu, aku akhirnya bisa mengenal salah satu penulis buku yang aku baca dan kami berteman kala itu. Ia menawariku untuk menjadi penulis, dan mendukungku agar aku bisa mewujudkannya. Bahkan ia telah mengirimkan formulir dan berkas lainnya untuk kugunakan sebagai apply ketika aku menyelesaikan bukuku.

Tetapi diriku yang masih berumur 16 tahun itu tidak banyak tau tentang kepenulisan. Wawasanku masih belum luas dan aku merasa aku belum cocok untuk menjadi seorang penulis. Sangat disayangkan sebenarnya melewatkan kesempatan emas itu. Entah memang pikiranku yang belum ‘matang’ atau memang aku belum banyak tahu tentang apa yang ingin aku tulis saat itu. Dan setelah itu aku cukup menyesali itu.

Ketika itu, aku berencana untuk menulis sebuah buku yang membahas tentang bisnis dan sosial media. Sama seperti apa yang telah aku pelajari dari buku-buku yang aku beli. Karena aku merasa pada saat itu hanya bidang itu saja yang aku ketahui.

Semakin kesini banyak sekali perubahan yang terjadi pada diriku. Seperti halnya sebuah buku yang ingin aku tulis. Diriku yang sekarang masih menginginkan untuk menjadi seorang penulis tetapi buku yang ingin aku tulis bukan buku tentang bisnis dan sosial media lagi. Tetapi sebuah novel, atau mungkin bisa dimulai dengan menulis cerpen.

Kenapa aku ingin menulis novel? Karena sejak aku mengikuti sebuah ekstra kulikuler di sekolah yaitu perfilman, aku cukup tertarik untuk terjun lebih dalam ke dunia seni. Menurutku, elemen paling penting dalam sebuah film adalah ceritanya. Dan itu yang merubah keinginanku yang tadinya menulis sebuah buku bisnis menjadi menulis sebuah cerita.

Sejak aku ikut eskul itu memang pola berfikirku menjadi berubah. Aku ingin lebih mengenal lebih banyak cerita. Dengan menonton banyak film, aku menjadi lebih tau berbagai macam cerita yang ada di dunia ini. Seperti halnya cerita romantis, cerita horor, cerita komedi, bahkan cerita sedih pun aku sering menontonnya.

Menurutku, cerita yang aku dapatkan dari sebuah film dan buku adalah sebuah pengalaman seseorang atau kelompok untuk menonton ataupun pembacanya. Dan pengalaman itu yang aku dapatkan bisa saja bermanfaat bagiku suatu saat nanti.

Berdasarkan dari itu, aku sangat ingin membuat cerita yang kuharapkan bisa membagikan sebuah pengalaman kepada orang lain. Pengalaman yang dimaksud bukan hanya cerita saja, tapi mungkin bisa jadi sebuah motivasi, pengingat, atau inspirasi. Dan ya, aku sangat ingin membagikan ‘sesuatu’ pada orang lain.

Hingga saat ini, yang bisa aku lakukan hanyalah menulis di blog seperti ini. Dan entah kapan aku bisa kembali mewujudkan impian terpendamku itu yaitu menjadi penulis buku. Bahkan tidak hanya menulis buku saja. Aku juga ingin buku itu bisa didokumentasikan menjadi sebuah film. Itulah cita-cita besarku.

Kasih tau aku pendapatmu tentang tulisanku ini. Apa yang menjadi cita-cita kamu saat sekolah dulu dan apa yang sedang ingin kamu capai saat ini. Tulis di kolom komentar ya!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *