Search
Close this search box.
Share

9+ Jenis Penulis Artikel yang Wajib Kamu Tahu!

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
Jenis Penulis Artikel

Dunia penulisan memang sudah tidak asing bagi kita di era digital. Begitu banyak jenis penulis artikel yang bisa dipilih untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Saat mengetahui jenis penulis artikel, nantinya kamu tidak akan bingung memilih mana yang tepat dengan keinginan kamu sendiri.

Ketika kamu menetapkan pilihan terhadap beberapa jenis kepenulisan ini, diharapkan kamu bisa menekuninya agar sukses menjadi penulis artikel.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai tips sukses menjadi content writer atau penulis artikel. Kamu bisa baca disini: 8+ Tips Sukses Jadi Content Writer Profesional

Selanjutnya, silahkan simak pembahasan mengenai jenis penulis artikel yang wajib kamu ketahui ini.

1. Technical Writer

Penulis teknis atau technical writer adalah bentuk penulisan yang mencakup topik dengan penjelasan, arah, dan instruksi yang terperinci.

Ini adalah bentuk pembelajaran faktual yang jelas. Beberapa contoh penulisan teknis adalah whitepaper, rencana desain, buku manual, materi pelatihan, dokumentasi teknis, dan sebagainya.

2. Penulis Artikel SEO atau SEO Copywriter

jenis penulis artikel
Sumber: Freepik.com

Konten berperan penting dalam meningkatkan trafik mesin pencari. Jika website ingin memposisikan diri di halaman pertama Google, konten berkualitas tinggi sangat dibutuhkan.

Penulis artikel SEO disini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan rank website sehingga akan mudah ditemukan di Google.

Selain itu, kata kunci memainkan peran penting dalam menulis SEO. Kamu perlu menempatkan kata kunci yang tepat secara strategis pada konten sehingga mesin pencari dapat menemukannya.

Lalu, Copywriter adalah seseorang yang ahli dalam optimasi konten untuk SEO.

Kebanyakan orang bingung di antara keduanya, yaitu content marketing dan SEO. Mari kita lebih pahami dua istilah ini.

SEO atau Optimasi Mesin Pencari memungkinkan konten yang kita buat muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Lalu, content marketing adalah bagian dari SEO itu sendiri.

Karena SEO adalah kombinasi dari kedua metode, satu tidak dapat bertahan tanpa yang lain. Peran dari SEO content editor adalah untuk memperkaya kata kunci dari sebuah konten.

Dengan melakukan ini, menulis memastikan bahwa konten kamu mudah dipindai oleh mesin pencari.

Ini akan membantu kamu menentukan peringkat dan publikasi situs web. Penulis SEO harus memiliki pengetahuan mendalam tentang optimasi mesin pencari dan pemasaran konten.

3. Ghostwriter

Seiring berjalannya waktu, orang memiliki gagasan samar tentang ghostwriter. Mereka bisa menemui penulis untuk orang lain di mana saja, dari perusahaan hingga situs web populer.

Ghostwriter ini adalah tentang seorang penulis yang menulis sebuah konten untuk orang lain, yang dimana orang tersebut akan menggunakan namanya sebagai penulis dan bukan nama dari penulis asli sendiri.

4. Press Release

jenis penulis artikel
Ilustrasi menjadi penulis press release (Sumber: Freepik.com)

Siaran pers adalah bentuk komunikasi tertulis atau rekaman yang dikembangkan oleh Public Relations Officers (PR) untuk anggota media berita.

Ini termasuk informasi yang relevan yang menjawab pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, di mana, dan bagaimana. Tujuan membuat siaran pers adalah untuk membuat artikel berita yang layak dilaporkan.

5. Ebooks

Dengan 46,1% populasi dunia menggunakan Internet, meningkatnya permintaan untuk eBook terlihat jelas.

Ebook adalah bentuk elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca pada perangkat elektronik seperti komputer pribadi, laptop, tablet, smartphone, dan lainnya.

Dengan e-reader seperti Kindle, penulis yang mengembangkan eBook sangat diminati.

6. Ulasan (Review)

Seperti namanya, ulasan atau tinjauan mengacu pada penilaian terhadap sesuatu.

Dalam konteks penulisan konten, ulasan merujuk pada penilaian/analisis novel, artikel berita, film dan lainnya.

Munculnya situs e-commerce juga memungkinkan seorang penulis bisa membuat konten review atau ulasan.

7. Writer Media Sosial

Media sosial merupakan tempat yang sangat baik untuk mempromosikan perusahaan. Kamu dapat menarik perhatian orang-orang di media sosial dengan konten berkualitas dan menjalin hubungan dengan klien kamu.

Tujuan perusahaan harus ditentukan sebelum menulis konten. Dengan freelancer yang baik, kamu dapat dengan mudah mempromosikan produk dan layanan di platform media sosial.

8. Transkrip & Terjemahan

Transkrip merujuk pada versi tertulis dari konten yang awalnya dibuat dalam bentuk lain seperti audio dan/konten visual.

Dalam sisi yang berbeda, terjemahan mengembangkan permintaan penulis yang memiliki keahlian dalam mengembangkan konten dalam berbagai bahasa.

Dengan meningkatnya permintaan untuk konten regional, terjemahan juga menjadi populer dalam jasa penulisan konten.

9. Penulisan Naskah

Penulisan naskah, mengacu pada konten yang dikembangkan untuk media massa seperti film, drama, serial televisi, dan lainnya.

Ini adalah salah satu jasa penulisan konten paling populer saat ini.

10. Menulis Fiksi

Menulis fiksi umumnya punya tujuan untuk menghibur penonton dengan alur cerita fiktif. Komposisi tidak melibatkan informasi faktual.

Ini adalah seni penulis untuk mengembangkan komposisi non-faktual yang mungkin terbukti bagi pembaca.

11. Autobiografi

Autobiografi hanyalah insiden nyata dari individu yang disatukan dalam sebuah buku. Ini adalah kisah hidup penuh seseorang.

Terkadang, selebriti dan profesional terkenal karena menyewa penulis untuk menulis otobiografi mereka.

Ini adalah salah satu bentuk konten penulisan paling populer di antara jenis penulis artikel yang lain.

Kesimpulan

Dengan mengetahui beberapa jenis penulis artikel ini, selanjutnya kamu bisa memilih sendiri mana yang menjadi keinginanmu sebagai seorang penulis.

Pada dasarnya, semua jenis tersebut membutuhkan skill utama yaitu menulis. Jika kamu bisa menulis, kamu bisa menjadi apa saja dari kategori di atas.

Adapun skill lain yang perlu kamu miliki bisa kamu simak pada artikel yang telah saya tulis sebelumnya, yaitu artikel berikut: Pengen Dapet Cuan Dari Menulis? Inilah Tips Ampuh Menjadi Penulis di Era Digital

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *