Search
Close this search box.
Share
  • Home
  • »
  • Writing
  • »
  • Pengen Dapet Cuan Dari Menulis? Inilah Tips Ampuh Menjadi Penulis di Era Digital

Pengen Dapet Cuan Dari Menulis? Inilah Tips Ampuh Menjadi Penulis di Era Digital

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
tips menjadi penulis

Tips menjadi penulis – Di era digital ini, sebenarnya banyak yang bisa dilakukan agar bisa menghasilkan uang setiap harinya. Salah satunya adalah menjadi penulis.

Menjadi penulis di era digital ini merupakan salah satu peluang yang tidak boleh untuk dilewatkan. Kita akan selalu melihat banyak sekali tulisan yang kita baca setiap hari entah itu dari website, sosial media, dan berbagai platform lainnya.

Tulisan yang ditulis memiliki banyak tujuan yang berbagai. Inilah yang menjadi alasan mengapa menjadi penulis adalah hal yang tidak boleh diremehkan. Karena kita dapat menjadi penulis dengan menentukan tujuan tulisan yang kita buat nantinya.

Maka dari itu, silahkan simak artikel ini lebih lanjut karena disini akan dibahas secara lengkap mengenai segala hal tentang menulis dan juga tips menjadi penulis yang menghasilkan banyak cuan.

Memahami Lebih Detail Mengenai Penulis

Secara garis besar, penulis adalah salah satu bidang pekerjaan yang dimana seseorang membuat sebuah tulisan yang bertujuan untuk memberikan informasi dalam bentuk artikel, jurnal, berita, hingga informasi media sosial tertentu.

Penulis biasanya memiliki keterampilan khusus yang bertujuan untuk menarik minat pembaca agar membaca segala informasi yang disampaikan melalui tulisan yang telah dibuat.

Biasanya, hal yang menjadi penentu besar gajinya seorang penulis adalah bagaimana tulisan yang dibuat itu dapat memberikan dampak atau efek kepada pembacanya.

Contohnya adalah konten promosi yang dimana tulisannya adalah merupakan sebuah informasi mengenai sebuah produk, dan melalui konten tersebut banyak pembaca yang akhirnya memutuskan untuk membeli produknya.

Disitulah maksud dari dampak atau efek yang diberikan penulis.

Skill Seorang Penulis Adalah…

Banyak orang tahu bahwa tugas dari seorang penulis adalah membuat sebuah konten.

Akan tetapi pada dasarnya seorang penulis memiliki tugas yang lebih dari sekedar menulis isi konten. Inilah bukti dari beberapa aspek yang meliputi:

1. Skill di Bidang Editorial

Ini adalah skill basic yang seharusnya dimiliki oleh seorang penulis. Sebagai seorang penulis, skill dalam mengedit sebuah isi tulisan adalah salah satu tugas utama yang harus dipenuhi.

Menulis saja tidak akan cukup untuk menjadikan tulisan memiliki efek kepada para pembacanya. Karena skill mengedit ini dibutuhkan untuk menjadikan tulisan yang dibuat menjadi jauh lebih menarik, berkualitas, dan tentu dapat memberikan dampak kepada audiens.

2. Skill Dalam Memahami Ilmu SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu strategi yang diterapkan agar sebuah konten yang dibuat muncul di pencarian Google.

Tentu saja skill dalam memahami ilmu SEO sangat dibutuhkan oleh seorang penulis yang khususnya menulis di sebuah situs website.

Dasarnya skill SEO ini adalah sebuah kemampuan dalam membuat sebuah judul / topik yang menarik, susunan artikel yang berbentuk outline serta melakukan sebuah riset kata kunci.

3. Skill Uji Riset

tips menjadi penulis
Online student photo created by tirachardz – www.freepik.com

Kita semua tahu tujuan utama dari sebuah tulisan atau konten adalah agar tulisannya dibaca banyak orang dan memberikan pengaruh baik.

Skill uji riset ini dibutuhkan untuk membuat tulisan agar lebih menarik dan berkualitas dibandingkan dengan pesaing. Karena, tidak mungkin jika kita disini tidak memiliki pesaing dalam bidang apapun.

Meriset isi tulisan dari pesaing adalah salah satu cara yang diperlukan untuk menjadikan konten kita agar mendapatkan lebih banyak perhatian dibanding pesaing.

4. Pengalaman Dalam Bidang Penulisan

Sebuah kalimat yang sering kita dengar adalah, “Pengalaman adalah guru terbaik..”

Hal tersebut benar adanya karena dengan pengalaman kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sama halnya dengan seorang penulis yang ingin berkarir di bidang ini. Pengalaman adalah salah satu faktor yang menunjang kualitas dalam membuat tulisan / konten agar lebih unggul bagi para pembaca.

Jika ingin memulai karir ini, hal pertama yang sebaiknya harus diterapkan adalah memiliki minat yang besar dalam menulis.

Lebih dan Kurangnya Menjadi Penulis

Jadi penulis itu salah satu bidang pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan dengan modal yang minim.

Seperti yang sudah dibahas, kemampuan yang dibutuhkan adalah menulis serta alat pendukung lainnya yaitu laptop atau komputer.

Lebih detailnya, inilah kelebihan dan kekurangan menjadi seorang penulis.

Kelebihan…

  1. Punya waktu kerja lebih fleksibel, kerja kapan pun dan dimana oun. Dibandingkan dengan bekerja kantoran yang memiliki aturan waktu.
  2. Bisa kerja di beberapa bidang kepenulisan sekaligus, contohnya menulis konten, menulis materi, copywriting, dan lainnya.
  3. Punya peluang mendapatkan pengsailan lebih besar dari banyak projek sekaligus.
  4. Mudah memulai pekerjaan, dengan syarat memenuhi kemampuan dan skill yang telah disebutkan di atas.
  5. Bisa memilih proyek dari klien dengan bebas dengan topik yang sesuai dengan keinginan.

Kekurangan…

  1. Frekuensi pekerjaan yang diterima setiap bulan tidak menentu, sehingga mempengaruhi pendapatan yang diterima.
  2. Memungkinkan tidak menerima jaminan asuransi kesehatan seperti pekerja kantoran pada umumnya.
  3. Rawan kena tipu oleh pihak pemberi kerja jika sistemnya dilakukan secara online
  4. Dikejar deadline, kerja lembur hingga larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kalau bahas mengenai kurang dan lebihnya, setiap orang pasti ada yang bisa cocok atau tidak cocok.

Balik ke pribadi masing-masing. Jika dilakukan secara ulet dan konsisten, pasti saja semua kekurangan di atas tidak akan terasa suatu saat nanti.

Kiat Sukses Memulai Menjadi Penulis Banyak Cuan

tips menjadi penulis
Woman work photo created by tirachardz – www.freepik.com

Daripada harus memikirkan kekurangan jadi penulis sehingga mengurungkan niat memulai bisnis dari menulis, lebih baik simak penjelasan berikut ini.

Berikut ini adalah kiat-kiat atau tips yang bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin menjadi penulis di era digital ini.

1. Melatih Skill Menulis

Dalam setiap bidang pekerjaan, tentu saja skill akan dibutuhkan. Sama halnya di bidang penulisan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas.

Untuk mendapatkan skill tersebut memang butuh pembiasaan-pembiasaan yang nantinya tanpa disadari akan tertanam dalam diri kita.

Mulailah dengan menulis hal yang sederhana. Atau bisa dimulai dengan mencoba menulis ulang karya orang lain sebagai latihan. Tapi, pastikan menulis berdasarkan sudut pandang sendiri.

Sedikit tips, gunakan rumus 5W + 1H ketika bingung saat menulis artikel. Rumus ini tentunya akan memudahkan dalam menemukan topik yang ingin dibahas.

2. Memahami Penggunaan Teknologi

Meski dibilang hal sederhana, tetapi tetap saja masih ada beberapa orang yang tidak paham mengenai teknologi.

Ini bertujuan untuk menghindari kendala ketika menulis artikel dengan teknologi yang akan digunakan. Seperti contohnya laptop, pc, smartphone dan yang lainnya.

Pemahaman teknologi ini dibutuhkan jika nanti mendapatkan projek yang mengharuskan untuk membuat desain sendiri untuk sampul konten atau yang lainnya.

Saat ini sudah banyak sekali video yang menjelaskan mengenai informasi teknologi hingga desain. Tentu saja hal itu dapat dimanfaatkan untuk belajar secara gratis.

Baca Juga: Cara Menjadi Desainer Grafis: Tanggung Jawab, Skill, Karir

3. Mengikuti Perkembangan Tren

Untuk menciptakan sebuah konten atau tulisan yang menarik minat pembaca banyak orang, kuncinya adalah mengikuti perkembangan tren.

Mengikuti tren ini maksudnya adalah memahami topik yang sering orang bicarakan seiring berjalannya waktu.

Seperti halnya berita yang sedang hangat, diskusi tentang suatu topik, kasus yang sedang berjalan, dan lainnya.

Tapi perlu diingat, mengikuti tren bukan berarti kita harus menulis atau memasukan topik yang sedang ramai dibicarakan dalam artikel. Tetaplah menulis sesuai dengan tema yang sudah ditentukan di awal.

4. Perbanyak Membaca Buku

tips menjadi penulis
Relax home photo created by lookstudio – www.freepik.com

Untuk melatih pemahaman mengenai kosa kata dalam bidang penulisan, cara yang paling mudah dilakukan adalah memperbanyak membaca buku.

Pilihlah buku yang sesuai dengan minat baca. Seperti halnya buku-buku pengetahuan, wawasan, atau buku cerita juga diperbolehkan.

Dengan rutin membaca buku, sistem kerja otak secara tidak sadar akan memahami kosa kata dalam penulisan yang nantinya itu akan menjadikan kebiasaan menulis sebuah artikel yang tentunya akan mudah dibaca oleh orang lain.

5. Jangan Biasakan Copy Paste

Tindakan copy paste yang dimaksud disini adalah sebuah tindakan menjiplak tulisan orang lain. Ini adalah cara yang keliru yang tidak boleh dilakukan jika ingin menjadi seorang penulis.

Copy paste biasanya dilakukan untuk mendapatkan sebuah topik artikel tanpa menulis sendiri dengan cara yang cepat atau instan.

Tindakan ini juga justru akan mempengaruhi gaya tulisan yang awalnya sudah dibangun sesuai dengan persona diri sendiri.

Perlu dicatat bahwa selain memiliki skill, seorang penulis juga harus memiliki etika dan attitude.

Hal yang masih diperbolehkan adalah menulis ulang karya orang lain dengan menyampaikannya berdasarkan sudut pandang diri kita sendiri. Tujuannya tentu saja gaya bahasa yang dimiliki akan terjaga secara konsisten.

Kesimpulan

Setiap orang pasti punya cara sendiri untuk menempuh jalan yang ingin dituju. Sama halnya menempuh jalan menjadi penulis banyak cuan di era digital ini.

Tips menjadi penulis di atas bisa saja dipraktekkan oleh siapapun yang punya keinginan untuk menjadi seorang penulis. Maka dari itu, lakukanlah dengan konsisten dan temukan cara unik lainnya untuk mencetak goal yaitu menjadi penulis banyak cuan.

Selamat Mencoba. Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *