farhangga logo
Share

Belajar Strategi Branding: Membangun Brand Bisnis Kopi

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
strategi branding bisnis kopi

Berkembangnya zaman membuat pergerakan bisnis di Indonesia sangat berkembang. Salah satu bisnis yang berkembang sangat pesat adalah bisnis kopi. Perkembangan yang cepat itu dikarenakan ada strategi branding bisnis kopi di dalamnya.

Tak dapat disangkal bahwa banyak pebisnis terjun di dunia bisnis kopi. Terbukti dengan adanya jumlah kedai kopi atau caffee di berbagai jalanan kota dengan banyaknya konsumen kopi dari berbagai kalangan.

Dengan tren bisnis kopi ini, mungkin kamu salah satu orang yang tertarik memulai bidang bisnis ini.

Jika iya, maka ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, yang salah satunya adalah strategi branding untuk bisnis kopi.

Brand Kopi punya Nilai Jual Sendiri

Bukan lagi rahasia dengan banyaknya kedai kopi yang membuat konsumen bingung karena dihadapkan dengan banyaknya pilihan merek kopi.

Di berbagai daerah, cukup mudah untuk menemukan beberapa kedai kopi dalam daerah yang sama.

Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana bisnis kopi dapat menonjol dan memenangkan kompetisi bisnis?

Strategi branding adalah jawaban paling tepat untuk pertanyaan tersebut. Strategi branding akan membantu brand terlihat unik, menarik, dan tentu berbeda dari yang lain.

Yang perlu kamu ketahui adalah, merek bukan tentang identitas bisnis saja. Melain kan juga produk, sangan penting untuk memahami kualitas branding kamu yang sama halnya dengan memahami kualitas produk itu sendiri.

Coba kamu pelajari contoh kasus berikut:

Di suatu tempat ada pemilik bisnis kopi yang bekerja untuk menyajikan kopi yang sempurna supaya memastikan kopi tersebut terjual dengan sangat baik.

Di sisi lain ada pesaing yang memenangkan persaingan meski kopi yang disajikan tidak lebih baik darinya. Dibalik itu, ia punya strategi pemasaran yang lebih baik dan menarik.

Seperti halnya unsur branding seperti kemasan yang unik dan bermerek, menjalankan digital marketing dengan konsep yang jelas, dan strategi marketing lainnya.

Pengenalan merek atau brand inilah yang harus kamu lakukan secara mendalam.

Baca Juga: Brand Positioning: Solusi Jitu Supaya Produk Lebih Unggul

Strategi Branding Bisnis Kopi

Semakin kuat brand, semakin besar skala bisnis.

Tentu saja untuk memperkuat branding bisnis kopi ada banyak strategi dan cara yang dapat dilakukan, beberapa diantaranya:

1. Menentukan Segmentasi Pasar

Pertama, branding yang baik berakar kuat dalam memahami siapa kamu sebagai bisnis, apa yang kamu wakili, dan fokus pada siapa yang harus memilih kamu.

Apakah kamu ingin anak muda sebagai target utama konsumen yang akan membeli produk kopi kamu? Apakah karyawan terburu-buru? Atau bahkan semua orang dengan yang paling ekonomis?

Setelah kamu menentukan segmentasi pasar dan target konsumen, kamu dapat merancang konsep yang tepat.

Apakah nantinya kamu akan menjadi brand mewah dengan kesan kemasan premium yang lebih sederhana untuk menjadi lebih ‘merakyat’ dan menjangkau semua orang.

2. Memilih Nama Brand yang Sederhana

Pemilihan nama brand adalah salah satu keputusan paling signifikan yang harus diambil selama proses branding awal.

Nama brand berfungsi untuk mengidentifikasi, berkomunikasi, melindungi, dan melegalkan brand. Ini adalah bagian penting dari struktur memori yang khas sehingga nama brand kamu harus mudah diingat oleh konsumen.

Dalam mengembangkan nama brand itu sendiri, tentu saja membutuhkan perencanaan, fokus, dan ketekunan.

Adapun sekarang, pemilihan brand kedai kopi saat ini sering menggunakan kata-kata Indonesia.

Jika kamu ingin menggunakan bahasa asing, pastikan namanya jelas dan mudah ketika ditulis, katakan, untuk membuatnya lebih cepat ke dalam memori konsumen.

strategi branding bisnis kopi
Contoh Brand Kopi di Indonesia (Courtesy of Kopi Kenangan)

Setelah kamu menentukan konsep dan nama brand bisnis kopi, selanjutnya kamu harus mulai menyesuaikan dan menyempurnakan aspek visual dari brand kamu.

Logo adalah salah satu aspek visual terpenting dalam branding bisnis kopi kamu. Logo adalah kunci untuk pengenalan brand.

Idealnya, logo kamu harus dengan mudah diakui, diingat, dan memiliki nilai-nilai filosofi yang selaras dengan misi bisnis dan apa yang menjadi tujuan kamu.

Selain itu, logo yang baik juga harus proporsional dan konsisten. Dalam arti bahwa ia harus melihat bentuk yang sama di media promosi apa pun.

Baik media fisik (offline) dan online seperti di situs web, media sosial Instagram, Facebook, dan membuat pengguna internet tertarik untuk mengklik konten yang kamu buat.

Kamu juga bisa untuk membuatnya dalam beberapa variasi seperti:

  • Logo utama, dengan tagline atau tanpa tagline.
  • Versi black-white atau monochrome, biasanya jenis logo dengan warna hitam atau putih semua.
  • Logo simbol, digunakan sebagai gambar profil media sosial media atau favicon untuk website bisnis kopi kamu.
strategi branding bisnis kopi
Contoh Logo Bisnis Kopi

Baca Juga: Filosofi Logo, Pengertian dan Makna yang Harus Diketahui

4. Mendesain Kemasan Kopi

Kemasan kopi adalah alat paling efektif dalam melakukan pemasaran produk.

Selain berperan dalam menjaga kopi tetap aman selama penyajian atau pengiriman, kemasan ini akan membedakan kopi kamu dari yang lain, dan juga untuk menarik perhatian konsumen.

Perlu digarisbawahi ketika kamu sedang dalam proses branding, meskipun kemasan kamu mungkin tidak mempengaruhi kualitas kopi, tetapi sebagian besar konsumen cukup terpengaruh oleh estetika.

Jika mereka dihadapkan dengan banyak pilihan merek kopi, mereka kemungkinan besar akan memilih brand kopi dengan kemasan yang punya visual menarik.

Dengan kemasan yang menarik, konsumen kamunantinya akan lebih percaya diri untuk berbagi pengalaman mereka di media sosial mereka.

Itu berarti kamu akan mendapat manfaat dari promosi gratis yang dibuat oleh pelanggan kamu sendiri.

Saat merancang kemasan, kamu punya pilihan untuk membuat identitas brand kamu lebih berani dan terlihat.

Kamu dapat memilih untuk menempatkan logo brand di depan dan di tengah desain.

Kamu juga dapat melangkah lebih jauh dari sekadar memasang logo pada kemasannya. Seperti halnya, menyematkan desain khas ornamen/motif dengan merek brand kamu.

5. Strategi Digital Marketing di Social Media

Seperti yang selalu dibahas dalam setiap artikel Farhangga, sosial media adalah salah satu alat ampuh dalam memasarkan produk.

Sosial media adalah channel digital marketing yang terhubung dengan banyak pengguna yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan visibilitas brand kamu.

Hampir seluruh kalangan menggunakan sosial media, sehingga sangat besar peluang kamu untuk menyebarkan brand kamu di sosial media.

Hal-hal yang perlu kamu terapkan agar konten sosmed kamu lebih menarik bagi audiens dan akhirnya menarik pengunjung dan pembeli:

  • Kreatif: Cara terbaik untuk memikat dan terhubung dengan audiens adalah menyajikan konten dengan visual yang unik dan menarik.
  • Konsisten: Menulis caption, menggunakan filter, atau elemen visual lain harus tetap konsisten. Tujuannya agar audiens dapat mengingat brand kamu dengan baik.
  • Interaktif: Kamu harus bisa menjalin hubungan dengan audiens, libatkan mereka dengan membuat kuis, pendapat, tanya jawab, dan kontes.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai strategi branding bisnis kopi yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan branding dan penjualan bisnis kopi kamu.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Artikel lain:
cara meningkatkan engagement instagram
6-Tips-Gampang-Foto-Produk-Estetik-Dijamin-Menarik
apa itu telemarketing adalah
affiliate marketing adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 + nine =

Belajar Strategi Branding: Membangun Brand Bisnis Kopi

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
strategi branding bisnis kopi
Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + 12 =

Artikel lain:
cara meningkatkan engagement instagram
6-Tips-Gampang-Foto-Produk-Estetik-Dijamin-Menarik
apa itu telemarketing adalah
affiliate marketing adalah