Search
Close this search box.
Share
  • Home
  • »
  • Branding
  • »
  • Strategi Branding Produk: 5 Tips Branding Ampuh untuk Berbagai Bisnis

Strategi Branding Produk: 5 Tips Branding Ampuh untuk Berbagai Bisnis

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
strategi branding produk adalah

Strategi branding produk adalah salah satu metode pemasaran yang dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan segala hal tentang brand kepada calon pelanggan potensial.

Branding adalah strategi pemasaran yang mengedepankan pengenalan produk atau jasa sebuah brand kepada masyarakat.

Namun untuk mencapai itu bukanlah hal yang mudah jika tidak menerapkan tips branding, khususnya dalam hal meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand itu.

Contohnya adalah brand yang sudah kuat di dunia saat ini yaitu Coca-Cola. Siapa yang tidak tahu brand Coca-Cola?

Bahkan dengan tidak mengenal brand-nya saja, banyak masyarakat sudah tahu apa saja produk dari Coca-cola ini.

Itulah yang menjadi alasan mengapa branding harus dilakukan secara tepat seperti yang sudah dilakukan oleh brand terkenal yang sangat menjajikan itu.

Perlu diingat, kamu tidak harus mengikuti teknik branding Coca-Cola yang saat ini sudah sangat sukses dengan puluharn ribu pekerja hingga penghasilan yang fantastis.

Kamu hanya perlu melakukan strategi branding dengan cara-cara yang tepat sesuai dengan bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Meskipun cara branding sendiri bukanlah cara yang tetap, jika diterapkan disetiap bisnis akan berbeda-beda tergantung bisnis yang dijalankan.

strategi branding produk adalah
Salah satu brand terkenal dunia Coca Cola. (Sumber: Kumparan.com)

Branding Adalah

Sebelumnya saya sudah membahas lengkap mengenai branding dalam artikel berikut ini: Strategi Branding: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya.

Sedikit penjelasan, branding adalah metode atau sebuah teknik berkomunikasi dengan tujuan menciptakan karakter atau identitas sehingga sebuah poduk memiliki keunikan dibanding pesaing.

Secara garis besarnya, branding dilakukan untuk menciptakan keunikan atau karakter agar menjadi ‘pembeda’ terhadap produk yang ditawarkan brand lain.

Tips Branding Ampuh untuk Berbagai Jenis Bisnis

Selain mengetahui pengertian branding, disini kamu akan belajar mengenai tips branding yang bisa kamu coba langsung untuk memaksimalkan brand kamu.

Dibutuhkan ketekunan dan usaha yang keras untuk mendapatkan hasilnya yaitu terkenalnya sebuah brand dalam masayarakat.

Meskipun tidak semua tips branding ampuh ini berlaku untuk semua bisnis, setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan strategi branding.

Ada lima tips yang harus kamu lakukan untuk dapat memastikan bahwa brand kamu telah dikenal dekat di masyarakat dan mereka tidak ragu lagi membeli produk kamu.

1. Identifikasi Keunikan Produk Bisnis Kamu

Tips pertama yang sangat penting dalam melakukan strategi branding produk adalah mengidentifikasi keunikan dari brand kamu.

Karena branding adalah teknik mengomunikasikan brand kepada masyarakat, sehingga tujuan akhirnya adalah ketika ditunjukkan produknya orang akan tahu namanya atau sebaliknya ketika disebutkan namanya orang tahu produknya.

Kamu bisa menonjolkan nilai unik kepada mereka. Tanpa keunikan, maka itu nantinya akan sama saja produk kamu memiliki kesamaan dengan produk lain.

Itu akan menyulitkan masyarakat dalam memilih produk kamu daripada produk lain yang sudah dikenal lebih dahulu.

Pastikan kamu membuat sesuatu yang unik, tonjolkan bahwa keunikan itu hanya ada di produk kamu saja.

2. Kedepankan Nilai Positif

Supaya branding kamu bisa mencapai pasar yang lebih luas, penting juga untuk mengedepankan nilai positif dalam melakukan strategi branding produk.

Perlu kamu ketahui bahwa branding juga bisa dilakukan dengan mengutamakan nilai negatif. ‘Loh kok bisa?’

Contohnya adalah dengan membuat settingan yang dapat menarik perhatian. Tapi jangan berlebihan dalam membuat settingan tersebut.

Ketika ingin melakukan dengan nilai positif, contohnya kamu bisa melakukan keiatan amal dengan menggunakan brand produk kamu.

Selain lebih bermanfaat, teknik ini akan lebih mudah mempertahankan kesetiaan dan ketertarikan dalam waktu yang lebih lama bagi pelanggan.

Intinya, kaitkan dengan nilai positif dari berbagai strategi branding yang bisa kamu lakukan.

3. Manfaatkan Elemen branding

strategi branding produk adalah
Contoh Logo Branding Apple

Elemen branding turut memberikan peran penting dalam melakukan strategi branding.

Elemen branding itu sendiri diantaranya adalah nama, logo, desain persona, link website, dan lainnya.

Disarankan jangan membuat nama yang standar atau sangat umum untuk didengar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keunikan adalah senjata utama dalam melakukan strategi branding.

Sama halnya dengan logo, disarankan membuat logo yang memiliki ciri khas dari keunikan produk kamu sehingga dapat menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Mengenai link website, sangat disarankan juga kamu menggunakan website sebagai strategi branding.

Pastikan kamu membuat konsep website sesuai dengan branding yang kamu jalankan.

4. Punya Website sebagai Alat Branding

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, wajib hukumnya bagi kamu untuk menggunakan website sebagai senjata branding.

Melalui website, kamu dapat menampilkan segala informasi mengenai brand yang ingin kamu kenalkan.

Seperti halnya membuat alaman about us, buatlah dengan isi informasi secara lengkap serta menarik dengan demografi untuk menjelaskan keunikan dari brand kamu.

Contohnya kamu bisa mengisinya dengan sejarah perkembangan bisnis, hingga cerita bagaimana brand kamu dibuat serta siapa saja yang telah kamu bantu melalui brand yang kamu jalankan.

Keberadaan website ini sendiri akan memudahkan audiens untuk mengenal dan memahami brand kamu, hingga akhirnya berpotensi meningkatkan kepercayaan mereka.

5. Konsisten dalam Memilih Konsep Branding

Branding itu butuh konsep. Konsep ini yang nantinya harus kamu kedepankan.

Usahakan selalu konsisten dan jangan pernah mengganti konsep yang dari awal sudah kamu bangun supaya masyarakat lebih mudah mengenalinya.

Sebagai contoh Coca-Cola yang masih menggunakan kemasan berwarna merah setelah 125 tahun lamanya. Alasannya tentu saja konsistensi.

Sangat mungkin terjadi masyarakat tidak mengenali Coca-Cola ketika melihat kemasannya yang tidak menggunakan warna merah dengan tulisan putih.

Begitu juga dengan brand kamu yang harus menentukan konsep branding dari awal dan terus menerus diterapkan secara konsisten.

Perlu digaris bawahi, peran kreativitas tidak digunakan untuk menganti konsep melainkan digunakan dalam menemukan cara pemasarannya saja.

Kesimpulan

Itulah pembahasan detail mengenai apa saja tips branding ampuh untuk berbagai jenis bisnis yang bisa kamu pelajari.

Jika kamu punya bisnis dan ingin memiliki branding yang bagus, maka kamu bisa mencoba beberapa tips di atas.

Semoga hasilnya tidak ada yang mengecewakan dan berdampak baik untuk meningkatkan penjualan produk bisnis.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *