farhangga logo
Share

Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Panduan untuk Pemula

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
apa itu digital marketing

Konsep digital marketing adalah sebuah cara yang memungkinkan banyak orang melakukan pemasaran produk secara masal dan luas dengan waktu yang singkat. Ini merupakan salah satu istilah dari apa itu digital marketing.

Upaya pemasaran saat ini tak hanya berpaku pada pemasaran offline saja, tapi juga sudah dilakukan secara online. Inilah yang menjadi alasan banyak pemula kini tertarik untuk mempelajari ilmu digital marketing.

Tapi perlu diingat bahwa dalam proses belajar digital marketing ini tidak membutuhkan waktu yang singat. Karena istilah digital marketing disini punya pengertian dan cakupan materi yang sangat luas.

Mulai dari peran teknologi yang semakin berkembang hingga customer behavior yang terus berubah, materi tersebut akan membantu pemula supaya menjadi marketer andal.

Supaya kamu bisa lebih memahami, silahkan baca artikel ini secara lengkap karena disini akan dijelaskan tentang langkah-langkah apa itu digital marketing yang mudah dan ringkas.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah salah satu metode atau kegiatan pemasaran sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.

Tujuan dari digital marketing adalah untuk menarik calon pelanggan dengan cara yang efisien.

Perkembangan teknologi dan internet di masyarakat yang menjadi faktor bagaimana digital marketing berjalan lebih efektif hingga akhirnya banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan.

Disisi lain, perusahaan akan saling berkompetisi membuat sebuah konten yang menarik untuk ditampilkan dalam melakukan pemasaran di dunia maya.

Beberapa contoh pemasaran digital adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online, pemasaran email, dan masih banyak lagi.

Mengapa Perlu Belajar Digital Marketing?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa hingga saat ini pemasaran tidak hanya fokus pada strategi marketing secara offline saja.

Banyak perusahaan kini mulai memanfaatkan dunia digital sebagai bagian dari rencana besar pemasarannya dan menerapkan konsep digital marketing.

Sehingga disini kita tahu bahwa pemasaran brand atau produk yang dilakukan di dunia online menggunakan metode digital secara garis besar disebut sebagai digital marketing.

Ada banyak platform digital yang banyak dimanfaatkan perusahaan, yaitu website, media sosial, search engine, marketplace, dan sebagainya.

Mengingat tren permintaan digital marketer yang semakin berkembang di Indonesia, wajar jika banyak pemula yang sekarang banyak mempelajari dunia digital marketing.

Apa itu Digital Marketing?
Pekembangan Pengguna Internet dari tahun ke tahun (Sumber: Receh.in)

Dasar-dasar Digital Marketing

Secara umum digital marketing merupakan sebuah istilah dengan arti yang luas. Karena, bidang tersebut memiliki banyak cabang yang tak pernah habis jika dipelajari.

Kendati demikian, setiap calon digital marketing perlu juga mengetahui konsep-konsep dasar mengenai pemasaran digital ini.

Kamu yang ingin belajar harus mengetahui metode terbaik dalam memasrkan produk atau jasa perusahaan melalui berbagai platform digital yang punya karakteristiknya masing-masing.

Di sisi lain, pemula juga harus belajar dan mengetahui konsep dasar digital marketing yang kira-kira selaras dengan model bisnis perusahaan mereka.

Mengapa dimikian? Karena tidak semua jenis pemasaran digital akan cocok untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

Selain itu, mereka juga perlu menentukan objektif dan matriks yang perlu dilihat selama melakukan strategi pemasaran digital.

Contohnya dalam dunia content writing, ada yang namanya teknik SEO (search engine optimization). Teknik tersebut dilakukan untuk menjadikan konten yang dibuat muncul pada halaman pertama mesin pencari.

Contoh lain adalah media sosial yang punya istilah engagement. Matriks yang bisa dilihat saat menjalankan strategi pemasaran sosial media adalah jumlah like, komentar, pengikut, share, dan sebagainya.

Dari situlah dapat disimpulkan bahwa tahap pertama dalam belajar digital marketing adalah menentukan jenis pemasaran digital yang ingin digunakan.

Pilihannya juga beragam, mulai performance marketing hingga SEO. Akan tetapi tugas untuk memilihnya bergantung pada marketer yang mengetahui kesesuaian bisnis perusahaan dengan jenis digital marketing.

Jenis-jenis Digital Marketing

Karena dunia internet dibilang sangat luas, maka banyak metode yang bisa dilakukan dalam melakukan pemasaran digital. Adapun berikut ini beberapa jenis digital marketing yang perlu kamu ketahui.

Website

Website adalah salah satu platform yang paling sering kita jumpai ketika berada di dunia internet.

Website berperan penting dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu audiens untuk mengetahui profil bisnis, dan juga terbilang sebagai promosi yang hemat.

Search Engine Marketing

Ini adalah metode dalam membuat website perusahaan muncul di halaman pertama mesin pencari. Search engine marketing terbagi menjadi dua metode yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing.

Dalam penerapannya, SEO cenderung memiliki waktu yang lama tetapi murah, sedangkan SEM memiliki metode berbayar tetapi lebih cepat.

Social Media Marketing

Sosial media tak akan pernah terlepas oleh masyarakat sampai kapan pun. Platform sosial media seperti Facebook dan Instagram dapat dimanfaatkan dalam melakukan pemasaran digital secara gratis.

Online Advertising

Online advertising adalah salah satu media promosi melalui internet dengan berbayar. Dalam mendapatkan audiens, cara ini terbilang lebih cepat dan memuaskan tatapi juga lebih mahal dibandingkan dengan metode yang lainnya.

Baca Juga: Marketing vs Advertising, Apa Bedanya?

Email Marketing

Sama seperti jenis pemasaran offline konvensional layaknya koran, email marketing ini memiliki metode yang sama tetapi online.

Kita bisa memberikan informasi terbatu mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk dan jasa lainnya melalui metode email marketing.

Video Marketing

Semakin kesini, tren marketing juga semakin meluas dengan metode video marketing. Melalui video yang dipasarkan, kita bisa menjelaskan bisnis, produk, hingga cara menggunakannya serta dapat menampilkan testimonial pelanggan.

Skill yang Dibutuhkan untuk Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing
Asian meeting photo created by tirachardz – www.freepik.com

Membahas mengenai metode pemasaran digital, tak jauh dengan skill yang dibutuhkan untuk menjalankan pemasaran tersebut.

Untuk mendukung kamu dalam belajar digital marketing, ada berbagai skill dasar yang perlu dikuasai para pemula. Yaitu adalah.

1. Konsisten

Dalam bidang apapun, skill konsisten akan selalu dibutuhkan. Sama halnya dengan digital marketing.

Mengapa demikian? Karena mempelajari ilmu digital marketing ini membutuhkan waktu yang panjang.

Dengan konsistensi yang tinggi, kamu lebih mudah memahami bagaimana digital marketing dapat bekerja dengan baik.

2. Dinamis

Perkembangan teknologi itu terus berubah dan terus berkembang. Begitu juga digital marketing.

Ketika belajar, kamu harus mendorong diri untuk selalu menjadi dinamis saat mengikuti perkembangan. Karena, setiap perubahan tersebut akan memberikan dampak yang besar bagi dunia digital marketing.

Contohnya, Google pernah mengumumkan update mengenai General Data Protection Regulation (GDPR). Regulasi itu mengungkapkan bahwa pengguna Google dapat mengatur privasinya masing-masing.

Update tersebut membuktikan bahwa strategi digital marketing pun otomatis berubah dan harus bisa disesuaikan dengan regulasi baru Google.

3. Kemauan untuk Belajar

Melanjutkan poin sebelumnya, yang dimana dunia internet akan selalu berkembang, maka pemula juga harus memiliki semangat dan kemauan yang tinggi ketika belajar digital marketing.

Jika tidak memiliki kemauan yang tinggi, bisa saja dampaknya akan tertinggal dari mater-materi digital marketing yang terus berkembang dan berubah.

4. Open-minded

Perlu diingat, tidak ada satu aturan pasti yang mengatur cara kinerja pemasaran digital. Setiap perusahaan tentu memiliki kebutuhannya masing-masing.

Pemikiran yang terbukn memastikan kamu untuk tidak berpusat pada satu teori yang sebetulnya belum tentu benar.

Oleh karena itu, ketika bertemu digital marketer yang punya pemikiran berbeda, jangan paksakan konsep dan cara kerja kamu kepadanya.

Lebih baik juga ketika sesama pegiat digital marketing saling bertukar wawasan dan strategi-strategi yang menguntungkan.

Sumber Belajar Digital Marketing

Ketika ingin terjun di dunia digital marketing, ada banyak sumber yang bisa kamu manfaatkan. Inilah beberapa rekomendasi sumber belajar pemasaran digital khususnya bagi para pemula.

1. Kelas Online

Diawal mungkin kamu akan kesusahan untuk belajar secara mandiri. Maka sangat disarankan untuk belajar digital marketing dari ahlinya. Hal tersebut biasanya bisa di dapatkan melalui kelas online.

Ketika mengikuti kelas online, kamu bisa belajar teknik digital marketing secara langsung dari para profesional.

Kamu bisa mempelajari skill-skill karir digital marketer secara mendalam. Kamu juga bisa mengikuti sesi tanya jawab langsung dengan pembicara. Menarik kan?

2. Sertifikasi

Platform berikutnya ini bisa kamu jadikan tempat belajar digital marketing oleh pemula, yaitu kelas sertifikasi.

Di internet, ada banyak kelas sertifikasi yang bisa kamu pilih sendiri. Seperti halnya Google dan Facebook.

Keduanya punya kelas dan sertifikasi yang terpercaya, karena digital marketing tidak pernah lepas dari kedua platform tersebut.

3. YouTube

Salah satu platform raksasa yang menyediakan berbagai video kategori apapun bisa kamu manfaatkan juga untuk mempelajari digital marketing, yaitu Youtube.

Banyak video yang memberikan penjelasan pemasaran digital secara sederhana. Kamu bisa pilih sendiri dengan mengetik keyword yang sesuai disana.

Dengan begitu, kamu akan lebih memahami berbagai konsep digital marketing dengan cara yang lebih mudah.

4. Buku

Meski dibilang saat ini sudah banyak artikel yang membahas mengenai digital marketing, tapi kamu tidak boleh lupa bahwa buku juga akan memberikan kamu banyak ilmu.

Banyak buku yang membahas secara sederhana namun detail mengenai digital marketing. Kamu bisa membacanya di perpustakaan atau membelinnya di toko buku.

Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing?

apa itu digital marketing
Sumber Freepik.com

Tertarik untuk terjun di dunia digital marketing? Jika kamu tertarik untuk memulai belajar pemasaran digital, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, diantaranya:

  • Pertama, menyiapkan alat pemasaran. Beberapa alat yang banyak digunakan untuk digital marketing seperti: website, media sosial, brand identity, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan).
  • Kedua, siapkan konten yang menarik perhatian. Konten yang kamu buat bisa berupa foto, video, atau konten yang lainnya. Tentukam juga tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.
  • Ketiga, kamu bisa memulai mengunggah dan selanjutnya evaluasi setiap konten yang diupload, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokus dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik.
  • Terakhir, masuk dan bergabunglah dengan forum atau grup publik. Usahakan profil bisnis kamu bagus, karena akan berpengaruh pada citra brand atau perusahaan.

Kesimpulan

Digital marketing adalah metode pemasaran yang begitu banyak ilmu dan cabangnya. Kamu bisa belajar secara bertahap untuk dapat menjadi digital marketer.

Pembahasan mengenai apa itu digital marketing sekiranya sampai disini. Jika ada update, maka saya akan memberikan updatenya melalui artikel ini atau membuat artikel secara terpisah.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Artikel lain:
strategi pemasaran
affiliate marketing adalah
jasa konsultan pemasaran digital atau digital marketing
tugas digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 + thirteen =

Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Panduan untuk Pemula

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
apa itu digital marketing
Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − 6 =

Artikel lain:
strategi pemasaran
affiliate marketing adalah
jasa konsultan pemasaran digital atau digital marketing
tugas digital marketing