Search
Close this search box.
Share

9 Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
9 Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

Mendapatkan penghasilan ketika masih sekolah adalah hal yang membanggakan. Terlebih jika bisa dilakukan tanpa modal. Maka dari itu banyak orang mencari tahu ide jualan online atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar.

Mungkin kamu sudah tahu bahwa salah satu hambatan ketika kamu ingin mulai bisnis adalah modal.

Bahkan, beberapa orang memilih untuk tidak melakukan bisnis karena modal tinggi yang dibutuhkan. Namun, pemikiran ini tampaknya harus dihilangkan mengingat menjalankan bisnis hingga hari ini dapat dilakukan tanpa menghabiskan banyak modal.

Dengan menjual secara online, kamu dapat membuka bisnis tanpa modal dan hanya mengandalkan smartphone atau komputer dan jaringan internet.

Dalam penjualan online ini, kegigihan dan kreativitas kamu akan diuji. Kabar baiknya, menjual secara online saat ini tidak perlu menyewa tempat dan dapat dilakukan di rumah.

Ide Jualan Online Tanpa Modal

Ada banya ide jualan atau bisnis online tanpa modal yang bisa kamu pilih sendiri.

Sebagai saran, kamu bisa pilih yang sesuai dengan minat kamu agar kamu bisa mengerjakan dengan senang hati. Berikut ini adalah ide jualan online tanpa modal.

1. Bisnis Online Dropshipper

jualan atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar
Gambar ilustrasi dari Freepik.com

Bisnis dropship termasuk penjualan online yang dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal banyak.

Inti dari bisnis ini adalah kamu menjual barang atas nama bisnis kamu, tetapi barang dikirim oleh pihak lain atau yang disebut sebagai supplier.

Disini hal yang perlu kamu lakukan hanyalah mempromosikan barang melalui media sosial.

Ketika ada barang yang dijual, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian dengan pemilik barang.

Jumlah perusahaan Marketplace di Indonesia membuat kebutuhan dropship juga sangat cepat. Selain itu, modal yang dibutuhkan hanyalah smartphone dan jaringan internet.

Keunikan dari dropship ini adalah kamu tidak perlu memiliki barang sehingga itu akan membuat kamu tidak mengeluarkan modal banyak.

2. Membuat Blog atau Website

Membuat blog atau situs web adalah salah satu bisnis jualan online tanpa modal yang dapat kamu coba.

Setelah membuat blog atau situs web, kamu dapat menjual tulisan kamu atau juga bisa mendaftar Google AdSense untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Google AdSense adalah layanan Google yang berhubungan dengan penampilan iklan. Ketika pembaca mengklik artikel yang memiliki Google AdSense, maka kamu bisa mendapatkan uang.

Semakin banyak orang yang membaca artikel yang kamu hasilkan, semakin banyak uang yang kamu dapatkan.

3. Mengikuti Survei Berbayar

Bisnis online tanpa modal lain yang dapat kamu coba adalah mengikuti survei berbayar.

Saat ini, sejumlah situs online akan membayar untuk pengguna setelah mengisi survei. Metode yang satu ini tidak perlu menggunakan modal karena hal-hal yang perlu kamu persiapkan hanyalah smartphone atau laptop dan kuota internet.

Dari sisi teknis, kamu hanya perlu mengisi berbagai survei yang disediakan di situs.

Setelah itu, kamu hanya perlu mengumpulkan sebanyak mungkin poin yang nantinya dapat ditukar dengan uang.

Meski begitu, kamu harus berhat -hati jika ada potensi penipuan. Sangat disarankan kamu harus belajar terlebih dahulu saat menggunakan survei berbayar.

4. Membuka Kursus Online

jualan atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar
Gambar ilustrasi dari Freepik.com

Kondisi pandemi sekarang ini membuat hampir segala kegiatan harus dilakukan di rumah, termasuk sekolah. Inilah yang menjadi kesempatan kamu untuk membuka bisnis penjualan online tanpa modal seperti menyediakan layanan kursus online.

Kondisi siswa yang harus bersekolah daring atau online masih kurang oleh orang tua. Ini membuat kursus online ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan saat ini.

Modal yang diperlukan tidak jauh berbeda dari sebelumnya, yaitu kuota internet dan juga smartphone atau laptop.

Selain siswa, kamu juga dapat membuka kursus online lainnya seperti membuat situs web, iklan, desain grafis, dan banyak lagi.

5. Menjadi Admin Media Sosial

Menjadi admin sosial media juga merupakan ide bisnis tanpa modal untuk pelajar yang bisa kamu coba. Jika kamu sudah mengerti dengan menggunakan media sosial, bisnis ini dapat dicoba.

Dalam beberapa tahun terakhir, profesi admin media sosial sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Itu karena mereka menyadari bahwa media sosial memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan, yaitu metode digital marketing.

Kamu dapat mencari informasi admin media sosial melalui situs freelancer. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika menjadi admin media sosial selalu kemampuan untuk membuat konten yang menarik.

6. Menjadi Penerjemah

Salah satu bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang cukup disukai oleh banyak orang adalah menjadi penerjemah.

Jika kamu memiliki kemampuan terjemahan bahasa asing yang baik, tidak ada salahnya mencoba bisnis ini. Selain itu, beberapa perusahaan cukup banyak yang membutuhkan layanan penerjemah dokumen dari bahasa asing ke Indonesia dan sebaliknya.

Cobalah untuk bergabung dengan situs freelancer yang cukup banyak di Indonesia.

Di sana, banyak sekali lowongan pekerjaan yang butuh jasa penerjemah untuk berbagai keperluan. kamu dapat mengumpulkan portofolio sehingga pengalaman itu berguna saat melamar pekerjaan.

7. Menjadi Desainer Grafis

Jika kamu memiliki keahlian dalam membuat desain grafis, coba buka bisnis yang satu ini.

Profesi ini berbeda dari layanan kursus sebelumnya. Di sini, kamu benar-benar harus bisa membuat desain grafis yang dipesan dari klien. Biasanya, klien memesan lebih banyak logo atau gambar tertentu.

Tidak jauh berbeda dari penerjemah, cara mendapatkan informasi tentang pekerjaan desain grafis dapat diperoleh melalui situs freelancer.

Di sana, cukup banyak perusahaan dan individu yang membutuhkan berbagai keahlian, salah satunya adalah desain grafis ini.

Modal yang diperlukan dapat berupa tablet, PC atau laptop, dan juga jaringan internet.

Baca Juga: Cara Menjadi Desainer Grafis: Tanggung Jawab, Skill, Karir

8. Menjadi Influencer

Untuk menjadi influencer, kamu tidak perlu menjadi seorang seniman. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah jumlah pengikut media sosial yang sangat besar.

Apalagi, ada banyak usaha kecil dan menengah yang membutuhkan seseorang untuk dapat mempromosikan produk dengan harga yang terjangkau.

Itulah yang membuat bisnis ini termasuk bisnis online tanpa harus menghabiskan modal.

Kamu dapat mencoba cara ini untuk mengembangkan bisnis ini dengan bergabung dengan platform influencer lainnya.

Setelah itu, kamu hanya perlu meningkatkan kemampuan pemasaran sehingga produk tersebut benar-benar dibeli oleh pelanggan potensial.

9. Menjadi Youtuber

jualan atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar
Vlogger photo created by tirachardz – www.freepik.com

Profesi YouTuber telah populer dalam beberapa tahun terakhir. Itu karena, banyak orang dan bahkan selebriti yang terjun sebagai YouTuber.

Percaya atau tidak, menjadi YouTuber bisa mendapatkan banyak penghasilan. Beberapa peralatan yang kamu butuhkan hanyalah kamera, laptop, komputer, atau smartphone, dan juga kuota internet yang berlimpah.

Membuat akun YouTube sebenarnya gratis hanya dengan membuat akun Google. Hal yang perlu kamu perhatikan saat menjadi youtuber adalah menemukan niche yang sesuai dengan hobi kamu.

Ketika kamu telah menemukan topik video yang akan dibuat, cukup buat sesuai keinginan.

Kunci kesuksesan saat menjadi YouTuber konsisten dan tidak melanggar aturan di YouTube itu sendiri.

Kesimpulan

Melalui ide jualan atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar tersebut kamu bisa memilih sendiri yang mana yang menjadi keinginanmu.

Paling tidak, kamu bisa menikmati setiap pekerjaannya tanpa ada rasa malas. Sehingga kamu akan bisa menghasilkan banyak uang saat masih menjadi pelajar.

Semoga Bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *