Search
Close this search box.
Share

Manfaat Digital Marketing untuk Strategi Mengembangkan Bisnis

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
manfaat tujuan fungsi digital marketing

Memasarkan produk melalui media digital adalah salah satu fungsi dan tujuan digital marketing yang wajib dilakukan. Karena banyak sekali manfaat digital marketing yang akan kita dapatkan bagi bisnis atau perusahaan.

Kuntungan digital marketing yang perlu kamu ketahui, salah satunya yaitu brand kita dapat diketuahui banyak orang dalam waktu yang cepat. Kok bisa?

Pada dasarnya, memanfaatkan teknologi dan media digital dapat kita lakukan dengan strategi digital marketing tersebut. Karena faktanya, banyak orang menghabiskan waktu di internet.

Ada banyak akses untuk pelanggan potensial sehingga mereka dapat melihat penawaran produk kamu, seperti situs web, blog, media sosial (Instagram, WhatsApp, Line, dll.). Dari beberapa akses ini mereka akan berkomunikasi dengan kamu.

Untuk secara detailnya, kamu bisa mempelajari secara detail tentang digital marketing melalui artikel-artikel yang ada di website ini.

Salah satunya kamu bisa baca artikel berikut ini: Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Panduan untuk Pemula

Fungsi Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

Sebelum mengetahui manfaat digital marketing, kamu bisa mempelajari fungsi digital marketing dahulu.

Setidaknya ada tujuh fungsi digital marketing yang bisa kamu pelajari berikut ini.

  • Personalization

Konsep personalisasi adalah bagian dari strategi pemasaran yang terkandung dalam kebutuhan pengakuan dan identifikasi pelanggan tertentu untuk membangun hubungan.

Sangat penting untuk dapat mengidentifikasi pelanggan dari tingkat individu dan mengumpulkan semua informasi mereka yang memungkinkan, dengan tujuan mengetahui target pasar perusahaan dan untuk dapat mengembangkan produk dan layanan yang sesuai.

  • Privacy

Privasi juga termasuk dalam elemen dari strategi pemasaran yang terkait erat dengan personalisasi.

Ketika perusahaan mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang pelanggan potensial, masalah yang muncul adalah bagaimana dan oleh siapa informasi tersebut digunakan.

Tugas utama yang harus dilakukan saat mengimplementasikan strategi pemasaran digital adalah membuat dan mengembangkan kebijakan di atas prosedur akses untuk pengumpulan informasi.

  • Customer Service

Customer service adalah salah satu kebutuhan dan kegiatan yang diperlukan untuk mendukung fungsi yang diperlukan dalam situasi bertransaksi.

  • Community

Pelanggan bisnis atau klien dapat menjadi bagian dari komunitas tempat mereka berinteraksi. Oleh karena itu, pengembangan komunitas adalah tugas yang dilakukan oleh semua bisnis.

  • Site

Kita harus sepakat bahwa interaksi pemasaran internet terjadi pada media digital, yaitu Internet.

Baik interaksi dan hubungan juga membutuhkan tempat yang sesuai, yang tersedia kapan saja dan di mana saja, yaitu lokasi digital untuk interaksi digital. Lokasi ini dapat disebut situs atau site.

  • Security

Fungsi keamanan adalah fungsi penting ketika transaksi dimulai dan dilakukan melalui media internet.

Keamanan ini meliputi pengumpulan data, penyimpanan data pelanggan, dan transaksi.

  • Sales Promotion

Promosi penjualan banyak digunakan dalam pemasaran tradisional.

Fungsi ini memperhitungkan kemampuan marketer supaya bisa berpikir secara kreatif, di mana banyak pekerjaan yang diperlukan untuk menemukan kemungkinan baru dalam mengembangkan rencana promosi secara efisien.

Untuk alasan ini, marketer menggunakan teknologi internet baru untuk pemasaran penjualan mereka.

6 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kamu

manfaat tujuan fungsi digital marketing
Mengenal Manfaat Digital Marketing (Sumber: Freepik.com)

Tujuan digital marketing dilakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Yaitu adalah memasarkan produk dan jasa melalui media digital menggunakan metode-metode yang dapat digunakan.

Setidaknya ada enam Manfaat digital marketing yang akan kamu dapatkan ketika menerapkan strategi ini dalam melakukan pemasaran.

1. Membantu Untuk Meningkatkan Penjualan

Salah satu tujuan digital marketing adalah untuk meningkatkan penjualan produk bisnis.

Karena tujuan digital marketing dapat mencapai lebih banyak target pelanggan, sehingga akses digital marketing dapat mencapai semua wilayah yang terhubung ke internet. Maka ini juga akan berdampak pada peningkatan penjualan kamu.

Pemasaran digital telah dikonfirmasi oleh banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan pendapatan mereka hingga 2,8 kali sebelum menjalankan pemasaran digital bisnis.

2. Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pemasaran digital dapat mencapai pasar yang lebih luas/

Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, bisnis yang kamu kelola tentu saja juga dapat diketahui tidak hanya di daerah Anda, tetapi juga di daerah lain.

Oleh karena itu, peluang untuk mendapatkan pelanggan juga bisa berpotensi lebih besar.

Hal penting yang harus kamu ketahui saat ini adalah bahwa hampir 80% konsumen akan melacak produk atau layanan sebelum membelinya, jadi digital marketing untuk bisnis bukanlah sesuatu yang harus kamu tunda.

Semakin kamu larut dalam keterlambatan untuk mendigitalkan bisnis kamu, maka akan semakin sulit juga akhirnya bisnis kamu akan berkembang, karena tentunya pesaing kamu juga akan melakukannya.

Baca Juga: Contoh Digital Marketing Yang Sukses di Indonesia

3. Menghemat Biaya Promosi

Manfaat pemasaran digital yang paling dinikmati oleh banyak orang adalah dapat diimplementasikan dengan murah dan sangat ekonomis, yaitu upaya menghemat biaya promosi.

Ya, strategi promosi untuk mengimplementasikan media internet memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menerapkan metode konvensional seperti brosur, papan iklan, atau membuat iklan di radio dan televisi.

Karena itu, bagi kamu yang baru memulai bisnis dan ingin bisnis kamu diketahui dengan cepat oleh banyak orang, kamu harus memilih strategi pemasaran digital untuk menjalankan promosi.

Pemasaran digital tidak hanya dapat membantu pemilik bisnis dalam mendapatkan klien. Tetapi pemasaran digital juga dapat menghemat anggaran iklan kamu.

4. Sarana Penghubung Yang Baik Dengan Konsumen

Digital marketing dilakukan dengan berbagai media yang terhubung langsung ke pelanggan.

Meskipun belum akrab satu sama lain, dengan teknologi digital memungkinkan untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan secara langsung dengan teknik pemasaran digital.

Ini membuat pemasaran digital sangat populer karena dampaknya bisa lebih dekat dengan pelanggan.

Audiens atau pelanggan adalah salah satu hal penting dalam keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, membangun kedekatan yang baik dengan pelanggan tentu sangat penting.

5. Membantu Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Sebelum teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula biasanya akan sangat sulit untuk bersaing di dunia bisnis. Tapi, bukan untuk saat ini.

Tidak hanya membuat posisi kamu sejajar dengan pesaing, tetapi pemasaran digital juga memungkinkan kamu untuk bersaing head-to-head dengan merek dan perusahaan besar.

Dengan menjalankan pemasaran dengan target menerapkan berbagai media digital yang ada.

6. Memberikan Kemudahan Dalam Melihat Perubahan Bisnis

Mengetahui perubahan bisnis sangat penting. Masalahnya adalah, tidak semua pebisnis dapat dengan cepat mengetahui perubahan dalam bisnis mereka.

Namun, dengan strategi pemasaran digital, ini tidak akan menjadi masalah karena perubahan bisnis kamu dapat dengan mudah diketahui tanpa harus menunggu lama.

Dengan begitu, analisis dan evaluasi bisnis juga dapat dilakukan dengan cepat.

Kesimpulan

Menerapkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis adalah cara yang tepat di era sekarang ini. Kita akan banyak mendapatkan kentungan digital marketing seperti halnya beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas.

Sekedar informasi buat kamu, konsep digital marketing adalah sesuatu yang tidak pasti. Maka diperlukan waktu dan tenaga agar bisa menguasai digital marketing.

Semoga Bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *