Search
Close this search box.
Share

Digital Marketing Hacks: 6 Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
Digital marketing hacks

Digital marketing hacks adalah salah satu strategi marketing ampuh yang bisa diterapkan dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dimiliki.

Untuk kamu yang belum tahu, dunia digital marketing akan selalu berubah-ubah. Dalam artian, tidak ada ilmu permanen dalam menerapkan strategi digital marketing.

Itulah mengapa menjadi seorang digital marketing yang expert bukanlah hal yang mudah. Butuh pengalaman selama beberapa tahun untuk bisa memahami bagaimana cara kerja digital marketing itu sendiri.

Sebelumnya, saya sudah pernah membagikan artikel mengenai digital marketing, kamu bisa baca melalui link berikut ini: Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Panduan untuk Pemula

Untuk artikel kali ini, saya hanya ingin menambahkan beberapa pembahasan mengenai digital marketing, yang dimana ini bisa kamu terapkan untutk meningkatkan penjualan.

Apa saja?

Digital Marketing Hacks #1: Membuat Konten yang Punya Value

digital marketing hacks
Contoh konten blog yang bernilai

Sebuah kunci dari membuat konten yang berhasil menarik brand awareness, leads, prospek, dan penjualan adalah membuat konten yang memiliki value.

Dalam artian, konten yang kamu bagikan harus mampu memberikan dampak bagi audiens kamu. Dampaknya itu berbagai macam, bisa jadi mereka menerapkan apa yang kamu bagikan, atau setidaknya mereka bisa mengingatnya selalu.

Sebagian besar perusahaan yang menerapkan digital marketing membagikan konten secara asal-asalan, yang penting punya banyak konten, yang penting update. Itu tentu saja salah.

Perlu kamu ingat bahwa dalam membuat konten, kamu harus bisa fokus untuk membagikan konten yang bernilai untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Ada beberapa jenis konten bernilai yang bisa kamu bagikan untuk audiens kamu, yaitu:

  • Konten Blog: Kamu harus riset tentang topik yang sebenarnya banyak orang cari, termasuk hastag yang mereka pakai. Selanjutnya buatlah konten bernilai yang mereka inginkan.
  • Infografis: Kamu bisa membuat konten visual yang mudah dipahami, jelaskan secara spesifik tentang apa yang sebenarnya menjadi pertanyaan audiens kamu.
  • Buku Panduan atau Ebook: Ini juga termasuk cara ampuh untuk mengenalkan brand kamu. Kamu bisa membuat buku atau ebook yang bernilai agar mereka bisa mengingat brand kamu.

Baca Juga: Cara Jadi Freelancer: 6 Pekerjaan Freelance untuk Pemula

Digital Marketing Hacks #2: Mengoptimalkan Email Marketing

digital marketing hacks
Sumber: Freepik.com

Ini yang cukup jarang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Pasalnya masih begitu banyak orang yang masih menggunakan email untuk menerima pemberitahuan.

Terkadang hal ini dianggap remeh, karena dinilai tidak begitu efektif. Padahal, ini adalah strategi ampuh dalam meningkatkan brand awareness perusahaan.

Cara mengoptimalkan email marketing agar lebih efektif adalah sebagai berikut:

  • Membuat konten email bernilai yang sesuai dengan lifecycle stage atau tahap leads masing-masing
  • Lakukan segmentasi audiens dan personalisasi email yang kamu kirim untuk mereka
  • Lakukan uji coba dengan berbagai subject dan copy email

Digital Marketing Hacks #3: Membuat Acara Webinar

Menurut riset yang dilakukan Xant, 73% pelaku marketing menyatakan bahwa acara webinar merupakan cara ampuh mendapatkan leads yang berkualitas.

Yang menarik lagi, satu acara webinar saja memungkinkan mendapat sekitar 1rb leads baru. Maka dari itu ini disebut digital marketing hacks yang ampuh.

Kamu bisa membuat webiner dengan tips berikut ini:

  • Riset, pastikan topik yang dibahas adalah topik yang membahas apa kebutuhan dan permasalahan audiens kamu, sehingga kamu bisa kasih solusi.
  • Memilih strategi promosi, karena webinar membutuhkan waktu promosi yang panjang, sekitar 1-2 minggu sebelum acara berlangsung.
  • Email marketing, kirimkan promosi melalui email sebagai pengingat mereka
  • Interaktif dan menarik, buatlah webinar yang membuat mereka nyaman dan senang

Digital Marketing Hacks #4: Coba Taktik Growth Marketing

Dikutip dari Optinmonster, mau sebanyak apa pun pengunjung website, angka itu tak akan bermakna jika kamu tak mendapatkan data yang cukup dari mereka.

Disini penting bagi kamu untuk mendapatkan data yang cukup sebagai leads, yaitu data seperti nama, email, nomor telepon, dan lainnya.

Teknik digital marketing hacks yang bisa menangkap leads secara efisien, adalah:

  • Membuat ebook gratis, agar mereka mau download
  • Memasang pop-up di situs
  • Jalankan giveaway atau konten berhadiah
  • Membagikan konten bernilai dan eksklusif lewat email

Digital Marketing Hacks #5: Running Social Media Ads

digital marketing hacks
Contoh Social Media Ads

Kita semua sudah tak asing lagi dengan metode digital marketing berbayar yaitu menjalankan iklan. Ini sebaiknya harus dilakukan untuk menyebarkan konten.

Apapun bisnisnya, menjalankan iklan di sosial media adalah cara terbaik. Entah itu di Facebook, Instagram, Twitter, maupun Tiktok.

Strategi yang bisa kamu jalankan:

  • Membuat landing page sales, isinya adalah sebuah penawaran produk
  • Kasih call to action supaya kamu bisa terhubung dengan audiens
  • Membuat konten di sosial media lalu jalankan ads
  • Lakukan run and test lalu analisa hasilnya

Digital Marketing Hacks #6: Mengikuti Perkembangan Trend

Jangan pernah lupa bahwa prinsip dari digital marketing adalah selalu mengikuti perkembangan dan tren terbaru yang begitu dinamis.

Pasalnya, banyak platform digital marketing yang berubah-ubah algoritmanya sehingga tidak ada cara pasti dalam melakukan strategi tertentu.

Sebagai contoh Instagram yang baru-baru ini meluncurkan fitur reel karena besarnya nama Tiktok. Cara kerjanya sangat mirip yang dimana kita bisa memposting video dengan durasi yang pendek.

Pada akhirnya, apa yang biasa dilakukan di Instagram bisa berubah karena pembaruan update tersebut.

Intinya jangan sampai kamu terlalu sibuk dengan cara yang sudah bisa dilakukan sehingga melupakan perubahan yang bisa jadi kunci keberhasilan strategi kamu.

Kesimpulan

Kamu bisa terus mengikuti berita, pengetahuan, dan artikel mengenai digital marketing melalui blog saya ini, farhangga.com.

Karena saya akan terus update mengenai perkembangan digital marketing dan membagikan kepada kamu yang sedang membaca artikel ini.

Terima kasih, Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *