Search
Close this search box.
Share

Apa itu Email Marketing? Inilah 5 Keuntungannya

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
Apa itu Email Marketing

Apa itu email marketing adalah salah satu metode digital marketing yang perannya sangat penting dalam memasarkan produk melalui internet.

Apakah kamu tahu kenapa email marketing dianggap sangat penting bagi perusahaan?

Singkatnya, email marketing merupakan strategi pemasaran yang dimana kita memanfaatkan email sebagai media menyebarkan informasi ke audines yang kita inginkan.

Untuk lebih lengkapnya, akan dibahas berikut ini mengenai apa itu email marketing, mengapa sangat penting, dan keuntungan jika kamu menjalankan email marketing.

Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah strategi pemasaran yang memberikan dua hal positif, yaitu membangun relasi dengan audiens sekaligun mengenalkan brand kamu, baik barang atau jasa secara detal dan rinci.

Meski banyak media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi langsung, tetapi pemasaran melalui email hingga kini tetap menjadi cara paling ampuh dalam menjalin komunikasi.

Khususnya di bidang penjualan online dalam upaya meningkatkan dan memperluas jangankauan audiens.

Contoh emal marketing itu sendiri adalah sama halnya ketika kamu sedang menulis surat untuk seseorang.

Diawali dengan sapaan, lalu paragraf pembuka, dan dilanjutkan dengan isis surat yang menyatakan tujuan kamu mengirimkannya.

Hingga di akhir kamu memberikan sebuah call to action supaya audiens dapat membeli dan menggunakan produk yang kamu tawarkan.

Pentingnya Email Marketing

Apa itu Email Marketing
Memahami pentingnya email marketing (Sumber: Freepik.com)

Email marketing adalah cara memasarkan produk dan jasa secara online atau digital yang sangat efektif dan banyak digunakan oleh perusahaan di segala ukuran.

Tak heran jika marketing yang dilakukan secara digital melalui internet lebih mudah dan murah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

Lalu apa yang yang menjadi keuntungan jika menggunakan email marketing dalam perusahaan?

1. Personalisasi Konten

Seperti yang disebutkan oleh Inbound Rocket, dengan email marketing kamu bisa lebih mudah melakukan personalisasi konten.

Kesuksesan pemasaran juga dipengaruhi oleh personalisasi konten yang signifikan.

Calon pembeli cenderung melakukan pembelian yang dimana terdapat sebuah penawaran yang dilakukan secara personalisasi.

Ketika kamu menyebut nama penerima di subjek line, itu akan berpotensi email yang kamu kirim akan lebih sering diklik dibandingkan tidak melakukan personalisasi.

2. Pengumpulan Data Feedback dan Survei Lebih Mudah

Untuk memastikan bahwa kampanye pemasaran kamu berjalan dengan baik, kamu harus memperhatikan feedback dan kritik yang diberikan oleh audiens kamu.

Ketika melakukan perawatan yang baik dan cepat kepada konsumen, kamu dapat terus terhubung, berinteraksi, dan meyakinkan mereka untuk membeli apa yang kamu tawarkan.

Tentu saja, pentingnya pemasaran email dapat dilihat dari aspek ini. Dengan pemasaran email, kamu bisa mengirim survei tentang kepuasan pelanggan.

Pelanggan yang menerima email kamu bisa mengisi dan memberikan umpan balik pada produk atau jasa kamu yang telah mereka coba.

Dari data feedback yang diberikan oleh pelanggan, kamu bisa lebih mudah mengetahui skor promotor bersih net promoter scores (NPS).

Nah, NPS ini berguna untuk mengetahui persentase pelanggan setia dan bukan pada brand kamu.

Dengan memahami NP, kamu dapat mengembangkan strategi untuk meningkatkan layanan yang kamu berikan kepada pelanggan.

3. Lebih Mudah Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan barang atau jasa jelasnya adalah tujuan dari metode pemasaran melalui email marketing.

Fakta yang harus kamu tahu bahwa, Campaign Monitor mengungkap bahwa email marketing berkontribusi besar dalam peningkatan angka return of investment (ROI).

4. Meningkatkan Trafik Website

Alasan mengapa email marketing dianggap menguntungkan adalah karena metode ini dapat menuntun banyak calon pelanggan potensial ke website hanya dengan satu klik saja.

Untuk mendapat trafik website yang melejit dalam waktu yang singkat, pastikan email yang kamu kirim mengandung call to action (CTA) yang menarik.

Jadi pastikan kamu tidak lupa dan selalu perhatikan hal ini supaya semakin banyak orang mengklik link ke website.

5. Hemat Biaya

Salah satu alasan terbesar untuk pentingnya pemasaran melalui email adalah karena kamu bisa menghemat banyak biaya.

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, pemasaran email membutuhkan biaya yang lebih rendah.

Kamu tidak perlu membayar untuk pencetakan, tempat sewa, membayar ruang iklan, dan lainnya.

Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu alat pemasaran email, copywriter dan desainer grafis.

Selain itu, pemasaran email dapat diselesaikan dengan cepat dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Tidak hanya menghemat biaya, kamu juga dapat menghemat waktu.

6. Komunikasi Lebih Mudah

Kita semua tahu bahwa aspek penting dalam marketing adalah komunikasi.

Kita akan lebih mudah berkembang jika kita mampu menjalin komunikasi dengan baik dengan para pelanggan yang kita miliki.

Melalui email marekting, kamu bisa melakukan komunikasi secara efektif dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Tentu saja kamu bisa meyakinkan bahwa brand kamu akan mendengarkan mereka dengan baik.

Apalagi jika kamu adalah brand yang mereka suka. Mereka akan mau memberikan feedback dan memberikan informasi penting yang berguna untuk perkembangan brand di kemudian hari.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Bernilai dan Berkualitas?

Strategi Email Marketing yang Wajib Kamu Lakukan

Apa itu Email Marketing
Menerapkan Strategi Email Marketing

Jika kamu sudah mengerti dan memahami tujuan dan keuntungan dari email marketing, selanjutnya kamu bisa memulai menggunakan email marketing untuk strategi pemasaran.

Kamu bisa mengikut strategi email marketing berikut ini:

  • Menyiapkan Tools Email Marketing

Begitu banyak tools email marketing yang bisa kamu pakai, seperti GetResponse atau Mailchimp yang bisa membantu kamu mengetahui email yang menarik minat audience.

  • Menyusun Email List

Pastikan kamu menyusun semua email yang kamu buat dengan struktur yang sangat rapi

  • Membangun Segmentasi Email List

Disini kamu bisa mengelompokkan pelanggan baru berdasarkan beberapa hal, seperti halnya pertama kali subscribe hingga segmentasi area dimana mereka tahu bisnis kamu. Entah itu dari blog atau sosial media

  • Mengirim Email Blast

Mengirim email secara massal sangat membantu kamu mengirim email ke banyak orang dengan lebih cepat tanpa melakukannya satu persatu. Tentu hal ini akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

  • Meningkatkan Open Rate Email

Kenali audience kamu, kamu harus memahami bagaimana pesan yang ingin disampaikan ke audience, sehingga besar kemungkinan email yang kamu kirim akan mereka baca.

  • Mencegah Email Masuk ke Spam

Jangan membuat email yang mengandung spam, atau dalam isi email tersebut mengandung kata seperti ‘murah’ atau ‘penawaran terbatas’. Karena itu akan mendeteksi sebagai pesan yang mengganggu dan berujung masuk ke spam.

  • Menganalisa Performa Email Marketing

Lakukan analisa terhadap beberapa email yang telah kamu kirim. Cek bagian bounce rate untuk mengetahui kapan orang menutup email kamu. Open rate juga untuk tahu seberapa besar persentase email dibuka.

  • Menggunakan Balasan Email Otomatis

Supaya audience selalu merasa diperhatikan atau setidaknya selalu ada komunikasi, kamu bisa menggunakan fitur auto response pada tools email marketing. Tentu saja ini sangat penting bagi audiens kamu.

  • Optimasi Email Marketing secara Mobile

Hampir 50% audiens mengakses melalui perangkat mobile, maka pastikan kamu mendesain email kamu agar terlihat menarik di tampilan mobile.

Kesimpulan

Setelah kamu mengetahui Apa itu Email Marketing dan mengapa email marketing itu sangat penting, selanjutnya adalah bagaimana kamu menerapkan strategi email marketing untuk memasarkan produk dan jasa kamu.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *