Search
Close this search box.
Share

Jasa Konsultan Digital Marketing, Pentingkah untuk Bisnis?

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
jasa konsultan pemasaran digital atau digital marketing

Ketika mengembangkan bisnis, perlukah menggunakan jasa konsultan pemasaran digital atau digital marketing?

Saat ini tren pembelian dan penjualan semakin bergeser ke ranah online. Sehingga tentu saja memaksa pebisnis yang ingin memasarkan produk (barang/ jasa) juga harus dapat mengikuti pengembangan model pembelian dan penjualan.

Namun, untuk menjelajahi dunia online atau platform digital ada banyak hal yang disiapkan. Ini karena transaksi terjadi tanpa harus bertemu secara langsung.

Jadi bagaimana kamu berkomunikasi menjadi penting untuk dipertimbangkan, di mana pengiriman harus efektif dan efisien.

Sehingga konsumen dapat menangkap pesan dengan baik dan tidak ada miskomunikasi.

Selain itu, jika pemasaran digital dilakukan, kampanye iklan akan sia-sia. Baik karena kurangnya kualitas yang menarik dari konten yang kamu sampaikan atau ketidaktepatan audiens target yang kamu tuju.

Dalam hal ini, kamu harus memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang dapat diandalkan tidak hanya di bidang pemasaran.

Tetapi juga di bidang teknologi informasi serta komunikasi visual. Cukup kompleks kan?

Untungnya, saat ini ada jasa konsultan digital marketing yang dapat membantu memasarkan bisnis kamu secara efektif untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan pelanggan di ranah online.

Konsultan Digital Marketing Adalah

Konsultan Pemasaran Digital atau Konsultan Digital Maketing adalah penasihat eksternal yang berspesialisasi dalam memanfaatkan saluran pemasaran online untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan konversi penjualan.

Secara umum, konsultan ini dapat secara memadai memilih saluran pemasaran yang tepat berdasarkan produk dan audiens target kamu.

Kemampuan ini tentu sangat penting sehingga bisnis kamu dapat menjalankan kampanye pemasaran online dengan praktik terbaik dan berkualitas.

Jadi dengan itu kamu dapat meningkatkan keseluruhan kesadaran merk (brand awareness) produk Anda. Kemudian Akhirnya menghasilkan prospek berkualitas, dan mengubah lebih banyak penjualan.

Peran Penting Konsultan Digital Marketing sebagai Mitra Bisnis

jasa konsultan pemasaran digital atau digital marketing
Economist photo created by pressfoto – www.freepik.com

Konsultan digital marketing sebagai mitra bisnis tentu memiliki peran penting dalam pengembangan perusahaan. Diketahui berikut ini beberapa peran penting konsultan digital marketing.

  • Menganalisa Situasi Suatu Bisnis

Semua pengambilan keputusan di bidang bisnis tentunya harus dilakukan setelah proses analisis situasi.

Karena, masalah dapat diselesaikan dengan benar hanya jika diatasi dengan strategi yang tepat dan tidak terburu-buru.

Analisis situasi itu sendiri adalah proses yang membantu mengidentifikasi tantangan dan peluang dan menggunakannya untuk menentukan ruang lingkup masalah.

Di sini kamu sebagai pemilik bisnis harus menjelaskan masalah dan hambatan dalam menjalankan bisnis kepada jasa konsultan digital marketing.

Selanjutnya, para konsultan akan mengeksplorasi akar masalah-masalah dan hambatan bisnis kamu.

  • Menentukan Tujuan Pemasaran

Setelah konsultan menyelesaikan tahap pertama menganalisis situasi bisnis, maka mereka dapat menggunakan temuan mereka untuk membantu kamu menentukan tujuan pemasaran yang dibutuhkan.

Misalnya, masalah bisnis kamu saat ini adalah penurunan jumlah pelanggan karena pesaing baru.

Setelah diselidiki ternyata salah satu dari mereka adalah karena kurangnya kehadiran bisnis kamu di mesin pencari, sementara audiens target dan bahkan pesaing kamu sibuk dalam meningkatkan trafik.

Maka target atau tujuan yang dapat dipilih adalah dengan totalitas untuk menunjukkan kehadiran online, terutama di mesin pencari untuk meningkatkan pengunjung dan menarik pembelian.

  • Merumuskan Strategi yang Tepat

Ketika tujuan pemasaran telah ditentukan, maka konsultan kemudian akan merumuskan strategi dan cara yang paling tepat untuk mewujudkan dan mencapai tujuan ini.

Misalnya, dengan tujuan bisnis yang disebutkan dalam poin sebelumnya, konsultan dapat merumuskan bahwa bisnis kamu harus melakukan promosi di Google dengan menggunakan situs web profil perusahaan, situs web toko online, dan jenis situs web lainnya.

Kemudian optimalkan situs web dengan optimasi SEO, iklan iklan Google, dan yang lainnya.

Perumusan beberapa strategi secara bersamaan sampai kompleks ini terlihat umum sehingga tujuan dapat dicapai lebih cepat dan optimal.

  • Mengeksekusi dan Mengevaluasi Strategi yang Telah Dijalankan

Tahap selanjutnya, konsultan dengan tim yang dapat diandalkan akan menerjemahkan strategi ke dalam tindakan dengan menggambarkan strategi menjadi serangkaian kegiatan.

Yang perlu kamu ingat, digital marketing itu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melihat hasil yang diinginkan.

Seperti ketika telah merilis situs web baru, jangan berharap untuk segera melihat peningkatan keterlibatan audiens dan penjualan.

Berbicara tentang pemasaran digital terutama untuk kampanye organik, itu tidak dapat dipisahkan dari proses-proses yang bertahap.

Mulai dari situ konsultan tidak boleh hanya melakukan strategi dilakukan. Namun, mereka akan terus memantau setiap pengembangan strategi.

Dan dalam periode waktu tertentu mereka akan mengevaluasi efektivitas strategi yang diterapkan dan memberikan laporan kepada perusahaan.

Dengan laporan yang dievaluasi secara tepat dan akurat, kamu juga dapat mengetahui apakah masih ada hal-hal yang tidak memuaskan.

Maka ini bisa menjadi target baru di masa depan untuk ditingkatkan atau dioptimalkan lagi untuk mencapai tujuan yang menguntungkan bisnis kamu.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Digital Marketing

jasa konsultan pemasaran digital atau digital marketing
Holding tablet photo created by pch.vector – www.freepik.com

Melihat apa yang dilakukan oleh jasa konsultan pemasaran digital di atas, tentu saja masuk akal untuk bisa bekerja sama dengan mereka.

Dan berikut adalah 6 manfaat dari jasa konsultan digital marketing berpengalaman untuk menangani strategi digital bisnis kamu.

1. Lebih Tenang Karena Ditangani Profesional

Saat kamu melakukan strategi pemasaran digital sendiri, mungkin kamu akan terlalu banyak memiliki pekerjaan.

Dan mempekerjakan karyawan fulltime akan relatif lebih banyak biayanya. Bahkan jika karyawan tidak berpengalaman, kamu masih harus melatihnya yang juga akan menambah biaya dan tenaga.

Namun, ketika kamu menyewa jasa konsultasi pemasaran digital, maka kamu tidak perlu khawatir karena tentu saja konsultan telah mempekerjakan sekelompok orang yang sangat terampil dalam akses ke software, data analitik yang unggul dan solusi terbaik yang dapat saling mendukung.

Jadi mereka dapat membantu bisnis kamu untuk lebih meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kinerja. Dan memberikan kepastian yang lebih besar bahwa kampanye dan tujuan disampaikan tepat waktu.

2. Membuatmu Fokus pada Prioritas Bisnis

Tentu saja kurang efektif jika kamu harus berbagi fokus antara pemasaran dengan melakukan pekerjaan manajemen lain seperti menciptakan produk/layanan berkualitas dan memberikan layanan terbaik kepada konsumen.

Ingat, jika waktu dan energi kamuterbatas maka melakukan semuanya sendiri hanya akan menambah beban kamu dan tim.

Oleh karena itu, bermitra dengan konsultan dapat memberi kamu lebih banyak waktu untuk fokus pada bidang lain dalam bisnis.

3. Meningkatkan ROI (Return of Investment)

Ketika kamu melakukan kampanye iklan dengan konsultan pemasaran digital, itu berarti kamu juga membayar mereka untuk membuat iklan terlihat lebih baik dan menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Kamu mungkin berpikir pembayaran adalah beban biaya, tetapi sebenarnya ini adalah investasi.

Jika kamu menyewa konsultan atau agen pemasaran digital yang hebat, mereka akan mengoptimalkan iklan untuk dapat meningkatkan return of investment atau ROI yang ditetapkan bisnis kamu.

4. Mendapat Insight yang Tepat

Keuntungan menyewa konsultan berikutnya adalah kamu dapat melihat sendiri laporan rutin melalui tools yang canggih.

Atau kamu akan menerima insight dalam bentuk dokumen tertentu yang menunjukkan di mana kamu unggul dalam upaya pemasaran, dan di mana kamu dapat meningkatkan.

5. Menghemat Budget Marketing

Saat membandingkan biaya operasi karyawan internal dengan biaya konsultasi, kamu akan terkejut mengetahui bahwa menyewa konsultan dari waktu ke waktu umumnya jauh lebih murah.

Karena konsultan bekerja sebagai usaha independen yang menawarkan proyek per proyek.

Jadi kamu tidak perlu memberikan biaya berulang termasuk tunjangan, biaya kesehatan, dan gaji seperti saat mempekerjakan karyawan penuh waktu.

6. Mendapat Pemahaman Digital Marketing

Saat kamu menyewa konsultan pemasaran digital, tidak ada salahnya menanyakan sejumlah hal yang berkaitan dengan pemasaran digital. Terutama yang dapat berguna untuk mengendalikan bisnis kamu.

Seorang konsultan pasti tidak akan keberatan mengajari kamu tentang beberapa teknik dasar pemasaran digital untuk mempertahankan pekerjaan mereka ketika kontrak kerja sama telah berakhir.

Tips Memilih Konsultan Digital Marketing yang Tepat

Dengan memahami tugas dan manfaat apa dari jasa konsultanasi, kamu sekarang tahu betapa kamu perlu menggunakan jasa konsultasi ini.

Namun, jangan terburu-buru! Sebelum kamu mencari konsultan untuk bekerja sama, kamu harus mempertimbangkan tips tentang memilih konsultan yang tepat di bawah ini.

Karena ada banyak konsultan di luar sana, tetapi tidak semuanya akan menawarkan apa yang mereka klaim.

Ada Harga, Ada Kualitas

Seperti yang telah sebutkan di atas, pemasaran digital adalah proses yang cenderung memiliki proses yang lama dan berkelanjutan.

Tinggalkan konsultan yang menjanjikan hasil instan atau cepat karena mereka dapat menggunakan teknik yang melanggar kebijakan platform digital sehingga dapat memiliki dampak negatif di masa depan untuk bisnis kamu. Apalagi soal harga yang murah!

Gali, Rekam Jejak

Rekam jejak adalah sesuatu yang harus selalu kamu perhatikan sebelum memutuskan siapa yang akan kamu gunakan.

Cobalah untuk menggali atau mencari tahu tentang pengalaman mereka di industri ini, apa saja spesialisasinya.

Jika perlu, kamu dapat meminta laporan proyek mereka sebelumnya dan sekarang (portofolio) untuk memeriksa kinerja mereka.

Dan juga, amati kinerja online pemasaran konsultan itu sendiri. Seperti ketika mereka mudah ditemukan di mesin pencari, ini bisa menjadi sinyal bahwa mereka memiliki kemampuan yang memenuhi syarat.

Pelayanan yang Diberikan

Mendapatkan layanan terbaik, terutama dalam mendapatkan jawaban atas pertanyaan adalah hal yang paling diinginkan untuk setiap klien.

Demikian juga saat menggunakan layanan konsultan. Saat berkomunikasi dengan mereka, perhatikan apakah layanan yang mereka berikan memuaskan atau bahkan membuat kamu tidak nyaman saat berkomunikasi dengan mereka.

Kesimpulan

Memilih jasa konsultan untuk melakukan pemaran digital merupakan hal yang sangat bermanfaat ketika bisnis sedang membutuhkannya.

Terlebih apa yang mereka berikan dapat sangat mempengaruhi bisnis kamu hingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *