Share

Contoh Digital Marketing Yang Sukses di Indonesia

Picture of Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.

Digital marketing menjadi sebuah strategi pemasaran yang efektif, tak heran jika banyak orang mencari contoh digital marketing yang sukses di Indonesia.

Jika kamu perhatikan di sosial media, banyak perusahaan melakukan pemasaran atau promosi secara terus menerus. Seperti halnya membuat konten bernilai, membuat video review, dan yang lainnya.

Contoh digital marketing yang sukses tersebut telah terbukti sangat efektif dan efisien, terutama karena mereka menargetkan target pasar tertentu.

Seperti dibahas dalam artikel yang membahas pengertian digital marketing, kita akan mengetahui banyaknya keuntungan jika melakukan pemasaran secara digital, tak heran jika banyak perusahaan yang akhirnya beralih ke digital marketing.

Jelas saja, berbagai perusahaan mengalami perkembangan yang cepat dan tentu saja menghasilkan lebih banyak konsumen setelah mulai menerapkan berbagai strategi digital marketing untuk bisnis mereka.

Bagi kamu yang ingin tahu tentang contoh digital marketing yang sukses, maka disini adalah tempat yang tepat untuk kamu.

Karena, berikut ini akan membahas mengenai contoh penerapan digital marketing yang diterpakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Contoh-Contoh Digital Marketing yang Sukses

Dari beberapa contoh strategi digital marketing berikut, diharapkan kamu dapat memahami dan mempelajari ilmu digital marketing.

Karena dari ilmu itu kamu bisa berkembang hingga menjadi seorang digital marketer yang sukses.

1. Contoh Digital Marketing dari Netflix

Saat ini, Netflix tentu bukan orang asing di telinga kita. Perusahaan yang fokus dalam layanan streaming film ini memang telah menunjukkan pengembangan yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Apakah kamu percaya bahwa perusahaan ini telah didirikan sejak 1997?

Awalnya, Netflix adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa sewa film DVD dengan durasi tertentu. Namun, cepatnya perkembangan internet di Amerika pada waktu itu, Netflix memulai layanan digital pertamanya pada tahun 2007.

Netflix telah melalui berbagai proses digital marketing untuk dapat mencapai kesuksesan seperti sekarang ini.

Contoh digital marketing yang pernah mereka lakukan tidak hanya terbatas pada iklan yang ditayangkan di mesin pencari, atau berkolaborasi dengan perusahaan produksi film.

Netflix juga aktif di media sosial dengan berbagai konten lucu, atau meme, terkait dengan berbagai film dan seri yang ditampilkan. Ini tentu menarik perhatian penonton.

contoh digital marketing yang sukses
Contoh konten sosmed Netflix untuk penerapan Digital Marketing (Sumber: blog.vokraf.com)

Hasilnya lusinan tahun kemudian, Netflix menjadi perusahaan streaming film dengan sejumlah pengguna yang tidak kecil, yang sekitar 167 juta pengguna pada tahun 2020.

2. Contoh Digital Marketing yang Sukses dari Tokopedia

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menunjukkan keberhasilan luar biasa adalah Tokopedia.

Perusahaan yang digadang menjadi wadah transaksi online, juga telah melakukan berbagai strategi digital marketing.

Diluncurkan pada tahun 2009, Tokopedia berupaya membuat perusahaan agar dikenal oleh masyarakat yang lebih luas, baik pembeli maupun penjual.

Sebagai hasil Tokopedia kini telah memenangkan posisi sebagai salah satu startup Unicorn dan diprediksi menjadi Decacorn setelah merger dengan perusahaan gojek.

Selain mengoptimalkan search engine marketing dan social media ads, salah satu contoh penerapan digital marketing Tokopedia dan menuai kesuksesan besar adalah bekerja sama dengan tokoh-tokoh publik dan selebriti untuk mempromosikan perusahaan mereka.

Awalnya, Tokopedia menggaet public figure di Indonesia sebagai brand ambassador.

Tapi sekarang, perusahaan ini telah mulai bekerja sama dengan public figure luar negeri. Sebut saja kelompok idola dari Korea Selatan, BTS. Tokopedia memahami bahwa gelombang Korea di Indonesia adalah peluang besar.

contoh digital marketing yang sukses
Tokopedia menggandeng Idol Grup Korea BTS sebagai strategi digital marketing

3. Scarlett Whitening

Merek kecantikan yang satu ini juga tak kalah berhasil dalam menjalankan strategi digital marketing.

Bukan karena pemiliknya adalah seorang artis, tetapi strategi pemasaran digital yang dijalankan membuat Scarlett Whitening ini semakin dikenal oleh publik.

Memanfaatkan media sosial, Scarlett Whitening dapat menjadi salah satu contoh digital marketing yang sukses dan bisa kamu contoh.

Strategi utama mereka adalah bekerja sama dengan influencer untuk melakukan review produk mereka.

Scarlett Whitening ini mengandalkan pada influencer mikro agar produk mereka dapat direview. Dengan strategi ini, Scarlett Whitening tidak hanya meminimalkan anggaran promosi.

Selain itu, strategi affiliate marketing juga dilakukan agar lebih dipercaya oleh publik karena mereka dianggap memberikan ulasan asli dan testimonial.

Setelah bisnis berkembang pesat, Scarlett Whitening mulai memperluas bisnisnya dan menarik sejumlah tokoh publik dunia untuk mempromosikan produk mereka.

Yang terbaru, Scarlett Whitening mengambil Song Joong Ki dan Twice sebagai brand ambassador mereka.

contoh digital marketing yang sukses
Scarlett gandeng Twice untuk Digital Marketing

4. Erigo

Jumlah peluang digital marketing juga digunakan oleh salah satu brand lokal, Erigo.

Bahkan bisnis yang satu ini berhasil bersaing dengan berbagai brand fashion terkenal lainnya dalam sekejap.

Di awal, Erigo meluncurkan strategi pemasaran digital melalui situs web dan media sosial Instagram.

Mereka bekerja dengan sejumlah public figure untuk bekerja sama. Salah satu kerja sama terbesar dan paling terkenal adalah dengan Raffi Ahmad.

Contoh digital marketing dengan strategi kolaborasi selebriti seperti Raffi Ahmad tentu saja menghasilkan hasil, mengingat popularitas besar dari Raffi Ahmad.

Dampaknya penjualan dan pengembangan perusahaan Erigo juga meningkat tajam.

Tak sampai disitu saja, Erigo juga semakin menunjukkan taringnya di dunia internasional.

Erigo melakukan pemasaran di dunia Internasional melalui iklan yang bahkan ditampilkan di Times Square New York. Disisi lain, Erigo juga berhasil melenggang di New York Fashion Week 2022 yang tentunya akan membuat brand ini terkenal.

contoh digital marketing yang sukses
Iklan digital marketing Erigo di Times Squere

5. Maicih

Bagi kamu yang pecinta makanan pedas, tentu saja kamu tidak asing dengan brand jajanan yang satu ini. Keripik pedas Maicih juga menjadi sebuah brand yang menjadi contoh digital marketing yang sukses.

Mulanya, Maichi hanya menjajakan produknya di tempat -tempat yang ramai, seperti kampus, pasar minggu, dan lainnya.

Tetapi mereka tidak selalu menjual di tempat yang sama, begitu banyak yang penasaran dan menunggu di mana lokasi mereka berikutnya.

Strategi ini berhasil. Pengikut akun Twitter Maichi juga meningkat secara dramatis karena mereka akan memberi kabar lokasi melalui akun media sosial.

Tepat pada hari mereka menjual, tidak lagi terasa mengejutkan jika pembeli berbondong-bondong dan bahkan antri untuk dapat membeli produk mereka.

Sekarang setelah bisnis mereka tumbuh, produk Maichi dapat diperoleh dengan lebih mudah. Baik melalui pasar terdekat, supermarket, dan minimarket.

Kesimpulan

Dari 5 brand atau perusahaan tersebut yang menerapkan strategi digital marketing, diharapkan kamu bisa mencoba menerapkan hal yang sama.

Meski terbilang sangat susah, tetapi kamu bisa memulainya dengan strategi kecil seperti membuat konten rutin di sosmed misalnya.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *