Search
Close this search box.
Share

Tugas Digital Marketing: Praktisi Pemasaran Digital untuk Perusahaan

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
tugas digital marketing

Sebagian besar perusahaan telah menerapkan pemasaran digital karena perkembangan zaman. Tak heran jika mereka punya staff khusus yang menangani digital marketing. Lalu, apa saja tugas digital marketing?

Digital marketing secara garis besar adalah sebuah metode pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi interner malalui media digital.

Sebuah perusahaan menggunakan metode digital marketing untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah untuk mengembangkan perusahaan.

Melalui digital marketing, perusahaan dapat mengenalkan brand, produk, hingga solusi yang dialami oleh banyak audiens di internet.

Dibutuhkan staff khusus yang memahami betul bagaimana strategi digital marketing dapat berjalan agar pemasaran dapat berjalan secara efektif.

Seseorang yang melakukan pemasaran digital biasa disebut sebagai digital marketer.

Disisi lain, tak sedikit pula perusahaan yang butuh digital marketer. Inilah yang menjadi peluang bagi kamu untuk menjadi staff digital marketing pada sebuah perusahaan.

Namun, jika kamu baru belajar atau baru banget terjun di dunia digital marketing, ada beberapa tugas yang harus kamu ketahui.

Sebelum itu, kamu bisa baca pembahasan lengkap mengenai digital marketing melalui artikel berikut: Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Panduan untuk Pemula

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai tugas digital marketing yang bisa kamu simak dibawah ini.

Mengenal Tugas Digital Marketing

Pada dasarnya, tugas digital marketing adalah memanfaatkan berbagai channel digital sebagai upaya melakukan pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa perusahaan.

Lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Website Marketing

tugas digital marketing
Gambar Ilustrasi dari Freepik.com

Website menjadi salah satu ‘senjata’ utama dalam menjalankan strategi digital marketing.

Pasalnya, apa yang kita cari selalu di internet akan selalu mengarah ke sebuah website hingga akhirnya kita menemukan jawaban atau solusi.

Ini yang menjadi alasan mengapa seorang digital marketer harus memahami cara kerja website marketing.

Seorang digital marketer harus memiliki kemampuan untuk memberikan saran atau arahan kepada audiens sehingga situs web dapat menjadi sarana merketing, untuk membawa banyak pengunjung.

Website ini dapat diibaratkan sebagai wadah yang dimana audiens dapat mengetahui segala informasi dari sebuah brand atau perusahaan.

Sehingga, tugas digital marketing disini adalah untuk menarik perhatian audiens agar berkunjung ke situs web atau halaman penawaran (landing page) supaya audiens mengetahui brand atau perusahaan.

Goalsnya adalah mendatangkan banyak visitor agar berpotensi mendapat lebih banyak penjualan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)

Search engine optimization adalah sebuah cara mendapatkan lebih banyak pengunjung dengan melakukan optimasi mesin pencari Google.

Melalui SEO, sebuah website berpotensi mendatangkan lebih banyak pengunjung dari alat pencarian Google, yang dimana pada akhirnya pengunjung tersebut berpotensi melakukan pembelian hingga menjadi pelanggan.

Digital marketer harus memahami bagaimana melakukan optimasi SEO untuk website dengan tujuan agar website dapat masuk dalam halaman pencarian teratas Google.

Sementara Search Engine Marketing (SEM) sebenarnya sama dengan SEO namun yang membedakan adalah biaya yang dibutuhkan.

SEM membutuhkan biaya agar sebuah website dapat tampil di halaman Google paling atas, sementara SEO adalah cara gratis tapi butuh waktu dan tenaga lebih agar website dapat tampil di halaman Google.

Jika ingin menggunakan metode SEM, perusahaan harus membayar ke Google Ads dengan biaya per klik yang bervariasi sesuai dengan kata kunci yang ditetapkan.

Intinya tugas digital marketer disini adalah mengoptimalkan website agar dapat muncul di halaman Google, baik itu menggunakan SEM melalui Google Ads, atau menggunakan strategi SEO

Social Media Marketing

Sosial media menjadi salah satu channel digital marketing yang ampuh dalam memasarkan produk atau jasa. Kok bisa?

Tentu saja karena banyaknya pengguna sosial media yang aktif setiap harinya. Banyak orang menghabiskan waktu online-nya untuk ‘nongol’ di sosial media.

Ini yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan yang memasarkan produknya di media sosial.

Tugas digital marketing adalah memanfaatkan sosial media sebagai media promosi, baik itu menggunakan metode berbayar atau metode organik.

Jika menggunakan cara berbayar, maka digital marketer harus memiliki kemampuan dalam mengelola iklan di Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twtitter Ads.

Untuk metode organik, digital marketer harus pandai merencanakan strategi konten sehingga mampu menarik perhatian audiens dengan cara yang gratis.

Biasanya, tujuan dari social media marketing adalah untuk membangun brand awareness sampai dengan mendapatkan calon pelanggan potensial.

Email Marketing

Banyak perusahaan baru yang belum memanfaatkan email marketing sebagai metode pemasaran digital.

Sebenarnya, email marketing ini adalah sebuah metode yang wajib dilakukan untuk salah satu tujuan yaitu membangun hubungan dengan pelanggan.

Tugas digital marketer dalam email marketing adalah memanfaatkan email untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan, yaitu membagikan informasi seputar brand, memberikan solusi, menawarkan produk, dan yang lainnya.

Banyak keuntungan yang didapat ketika melakukan email marketing sebagai sarana pemasaran, kamu bisa baca secara lengkapnya melalui artikel yang telah saya buat sebelumnya.

Baca Juga: Apa itu Email Marketing? Inilah 5 Keuntungannya

Display Advertiser

tugas digital marketing
Contoh Display Ads (Sumber: www.qs.com)

Jika kamu sering melihat iklan display di website ketika membaca berita di internet, itu adalah bagian dari pekerjaan digital marketing.

Teknik yang umum digunakan adalah Google Display Netwrok (GDN) yang merupakan bagian dari Google Ads.

Tujuan dari display advertiser ini adalah tidak lain dan tidak bukan untuk menarik perhatian audiens.

Iklan display ini akan selalu menjadi senjata andalan perusahaan besar dalam membangun dan meningkatkan brand awareness mereka.

Membangun Digital Marketing Funnel

digital marketing funnel
Tahap-tahap audiens dalam memutuskan membeli produk

Digital marketing funnel adalah model penjelasan mengenai langkah-langkah audiens ketika memutuskan membeli sebuah produk atau jasa.

Tugas digital marketer disini adalah memahami digital marketing funnel dalam setiap langkah-langkahnya.

Dimulai dari pengenalan sebuah brand, mencari tahu informasi secara mendalam, mengenal brand, memutuskan membeli, hingga menjadi pelanggan yang loyal.

Dari langkah-langkah tersebut seorang digital marketer akan lebih mudah dalam merencakan strategi pemasaran yang lebih tepat dan efisien.

Kesimpulannya Adalah

Ketika kamu mencari tahu tentang tugas digital marketing, itu artinya kamu mulai tertarik menjadi seorang digital marketer.

Tujuan utama dari tugas digital marketer adalah meningkatkan jumlah leads atau calon customer sehingga mampu meningkatkan pemasaran dan profit sebuah bisnis dan perusahaan.

Semoga Bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *