Share
  • Home
  • »
  • Tips Trik
  • »
  • Cara Jadi Freelancer: 6 Pekerjaan Freelance untuk Pemula

Cara Jadi Freelancer: 6 Pekerjaan Freelance untuk Pemula

Picture of Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
Cara Jadi Freelancer

Cara jadi freelancer adalah impian banyak orang karena memiliki jam kerja yang fleksibel, bisa dimana pun dan kapan pun.

Menurut survey, total pekerja freelance di Indonesia memiliki angka sekitar 25%. Dan 97% freelancer merasa lebih senang dan bahagia dibandingkan dengan pekerja kantoran.

Bekerja dari rumah secara online dan punya penghasilan yang tak kalah banyak dengan pekerja kantoran bukan hal yang tidak mungkin untuk dicapai.

Itulah yang menjadi dasar mengapa banyak orang sangat berminat dengan bekerja sebagai freelance dibandingkan dengan pekerja kantoran.

Jika kamu seorang pemula yang sedang ingin belajar bagaimana menjadi freelance profesional, kamu bisa lanjut nyimak artikel ini karena akan dibahas secara lengkap mengenai cara jadi freelancer untuk pemula.

5 Alasan Menjadi Freelancer Sangat Diminati

Cara Jadi Freelancer
Sumber: Freepik.com

Freelancer adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati berbagai kalangan. Mulai dari kalangan remaja hingga dewasa, mereka sangat menginginkan pekerjaan ini.

Tapi apa yang menjadi alasan mengapa freelancer ini adalah pekerjaan yang banyak diminati?

1. Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Freelance adalah pekerjaan yang bebas dilakukan siapa saja tetapi tetap profesional. Dalam artian, bisa menjadi bos untuk diri sendiri.

Ketika bekerja sebagai freelancer, kamu tidak perlu bekerja dengan aturan, kayak jam kerja, gaji, izin libur dan yang lainnya. Semua itu bisa ditentukan sendiri sesuai keinginan.

Kok bisa? Karena kamu bisa membicarakkan kesepakatan pekerjaan dengan klien kamu.

2. Waktu yang Fleksibel

Untuk kamu yang memiliki jam tertentu dalam melakukan pekerjaan, freelance adalah pekerjaan yang tepat.

Kamu bisa mengerjakan projek sesuai keinginan tanpa ada aturan waktu yang berlaku untuk diri kamu sendiri.

Yang penting, pekerjaan kamu bisa selesai sesuai dengan waktu yang telah disepekati oleh client dan juga kamu sendiri.

3. Bebas Bekerja Dari Mana Saja

Tempat yang nyaman juga memiliki peran penting dalam melakukan pekerjaan.

Kamu yang ingin bekerja secara freelance, kamu bisa kerja dari mana pun. Entah itu dari rumah, coffee shop, hingga coworking space, selama pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Klien tidak dapat menentukan tempat kerja kecuali jika ada permintaan bertemu atau meeting secara offline.

4. Bisa Memilih Project Sendiri

Seoarang freelancer dapat memilih sendiri pekerjaan yang diinginkan. Kamu bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan keahlihan, dan hasil kerja juga lebih optimal.

Sebagai contoh, kamu seorang penulis freelance dan menguasai topik tentang keuangan. Kamu bisa mengambil projek penulisan tentang keuangan, atau juga bisa menerima tawaran untuk topik yang lain.

5. Pendapatan yang Menjanjikan

Jika kamu sudah lebih menguasai bidang keahlihan secara profesional, maka kamu adalah seorang freelancer profesional.

Semakin tinggil skill dan pengetahuan, semakin besar juga pendapatan yang dihasilkan.

Cara Jadi Freelancer Pemula yang Wajib Dilakukan

Memilih menjadi seorang freelancer adalah bukan pilihan yang salah. Kamu bisa lebih fokus dalam bidang keahlihanmu dan terus mengembangkan ilmunya.

Untuk kamu yang baru memulai, kamu bisa ikuti beberapa cara berikut ini.

Menentukan Niche Sesuai Skill Kamu

Apakah kamu tahu skill yang kamu miliki saat ini?

Apakah menulis? Membuat desain? Membuat website? Atau fotografi? Apapun itu, kamu bisa jadikan itu sebagai niche.

Niche itu topik atau bidang khusus yang menjadi keahlihan kamu.

Atau jika belum tahu, kamu tetap bisa jadi freelancer. Tapi harus membatasi segmen tertentu supaya kamu lebih fokus dalam membangun personal branding.

Ketika kamu sudah bisa menentukan niche dan membangun personal branding, kamu bisa menjadi orang yang expert. Dan tawaran job akan lebih banyak.

Menjelaskan Keahlihan yang Ditawarkan

Setelah tahu niche, selanjutnya kamu bisa membuat detail keahlihan yang kamu miliki.

Contohnya jika kamu seorang desainer grafis, kamu bisa menjelaskan detail apa yang bisa kamu kerjakan. Entah itu desain digital seperti logo, banner, sosmed post, desain website, dan lainnya.

Kamu juga bisa tuliskan detail kelebihan kamu untuk menambah rasa percaya terhadap klien.

Dengan menuliskan detail keahlihan kamu, akan mudah bagi klien memahami keahlihan yang kamu tawarkan.

Memilih Target Pasar

Seperti halnya ketika memancing, kita perlu tahu ikan apa yang ingin ditangkap, setuju?

Memilih target pasar adalah langkah yang tak boleh dilewatkan jika ingin menjadi freelancer.

Contohnya ketika menawarkan jasa desain grafus, kira-kira siapa yang membutuhkan jasa kamu? Apakah itu ukm? Perusahaan advertising? Atau developer website dan aplikasi?

Ketika kamu mengetahui siapa calon pelanggan, kamu akan lebih mudah dalam mementukan desain jenis apa yang harus kamu kuasai. Bukan cuma itu, promosi yang kamu lakukan bisa terarah dan tepat sasaran.

Tentukan Tarif yang Pas untuk Keahlian Kamu

“Berapa ya harga yang pas untuk jasa desain logo?”

Itulah pertanyaan yang sering dibingungkan banyak freelancer pemula. Jika mematok harga tinggi akan susah dapat klien, begitu juga jika harga murah tak akan dapat untung.

Supaya nggak bingung, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Project yang dikerjakan

Jenis projek yang dikerjakana ikut serta dalam menentukan harga. Kamu bisa pelajari apakah pekerjaan itu mudah atau sulit.

Jangan lupa membedakan antara klien orang pribadi dengan perusahaan. Karena budget yang dimiliki sudah pasti berbeda.

  • Pembayaran yang digunakan

Di Indonesia umumnya pekerjaan freelance pembayarannya per projek. Jadi pembayaran akan dilakukan setelah pekerjaan selesai.

Jika pekerjaan berlangsung dalam waktu yang lama, tidak ada yang salah jika meminta pembayaran setiap bulan. Kamu akan lebih nyaman dan mudah dalam mementukan harga jasa.

  • Standar tarif freelancer di niche Anda

Disini kamu bisa menengok harga freelancer lain yang punya bidang atau niche yang sama dengan kamu.

Kamu bisa melakukan riset harga jasa di pasaran dibandingkan dengan hanya berasumsi. Kamu bisa cek di beberapa platform freelance atau bertanya langsung kepada mereka

  • Berapa budget yang dimiliki klien

Kamu boleh saja menentukan tarif pasti, tapi kamu juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki klien. Apalagi kamu masih pemula, ini juga termasuk strategi untuk mendapatkan klien.

Intinya, pintarlah bernegosiasi supaya tarif yang diberikan layak.

Membuat Portofolio

cara jadi freelancer
Contoh portofolio Farhangga.com

Salah satu strategi freelancer agar banyak yang tertarik dengan jasa kamu adalah dengan memamerkan portofolio. Melalui portofolio, klien akan tahu kebutuhan mereka adalah kamu.

Kamu bisa menampilkan semua hasil kerja terbaik kamu. Contohnya adalah beberapa desain yang kamu buat, logo, banner, sosmed desain, atau jika kamu penulis juga bisa memarkan hasil tulisan kamu.

Kamu bisa menggunakan platform portofolio seperti Behance, Medium, atau juga bisa melalui sosmed yaitu Instagram.

Atau jika kamu pengen yang lebih profesional, kamu bisa membuat website sendiri. Selain website itu kamu yang buat, kamu bisa menampilkan seluruh portofoilio kamu tanpa batas.

Contoh portofolio website yang bisa kamu tiru adalah Farhangga.com

Promosikan Keahlihan Kamu

Memilih niche sudah, menentukan target pasar sudah, menentukan tarif sudah, membuat portofolio sudah.

Cara jadi freelancer selanjutnya, kamu bisa mulai melakukan promosi keahlihan kamu di berbagai platform. Kamu bisa pakai cara gratisan atau berbayar.

Jika masih pemula, kamu bisa mulai menggunakan cara yang gratis dulu. Seperti membuat promosi di sosial media Facebook dan Instagram.

Tapi jika kamu memang punya budget lebih, tak ada salahnya kamu mencoba melakukan promosi berbayar. Seperti melakukan ads di Google, atau di sosial media Facebook dan Instagram.

6 Pekerjaan Freelancer Untuk Pemula

Cara Jadi Freelancer
Salah satu pekerjaan freelancer: Graphic Designer

Jika sampai disini kamu masih bingung dalam menentukan niche dan bingung dalam memilih bidang pekerjaan, kamu nggak perlu khawatir.

Ini adalah 6 pekerjaan freelance untuk pemula yang bahkan bisa kamu kerjakan dari rumah.

1. Social Media Manager

Buat kamu yang doyan main sosmed, menjadi seorang social media manager adalah pilihan yang tepat. Karena sosial media adalah salah satu tempat terbaik dalam melakukan promosi.

Setiap bisnis membutuhkan sosial media manager, yang dimana tugasnya adalah membuat dan membagikan konten, menjawab dan memberikan feedback dari pelanggan, hingga memikirkan strategi untuk meningkatkan trafik.

Untuk menjadi sosial media manager, kamu nggak perlu jadi expert. Minimal kamu ada pengetahuan bagaimana cara membuat konten dan membuat copywriting, dan mengerti algortima dari sosial media itu sendiri.

Pekerjaan ini biasanya dibayarkan sesuai dengan jam kerjanya, yaitu sekitar 100rb s/d 200rb per jam.

2. Design Graphis

Berkembangnya dunia digital menjadi alasan mengapa seorang desainer grafis selalu dibutuhkan perusahaan manapun.

Seorang desain grafis akan selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan perusahaan, entah itu desain promosi, desain packaging, desain branding, dan masih banyak lagi.

Gaji seorang desainer grafis biasanya tergolong cukup mahal, apalagi kalau kamu sudah ahli dalam bidang ini.

Biasanya desain grafis ini akan dibayarkan sesuai dengan projek yang dikerjakan. Semakin besar projeknya, sudah pasti semakin mahal juga bayarannya.

Kamu bisa belajar bagaimana cara menjadi desainer grafis melalui link berikut ini: Cara Menjadi Desainer Grafis: Tanggung Jawab, Skill, Karir

3. Content Writer

Ini juga salah satu pekerjaan freelance yang banyak diminati. Karena disini kamu cukup punya skill menulis maka kamu bisa menjadi content writer.

Banyak perusahaan membutuhkan content writer untuk mengembangkan perusahaan mereka, seperti membuat konten blog, artikel, ebook, atau menulis tentang deskripsi produk.

Content writer biasanya dibayarkan per artikel atau per penulisan, dan banyak yang dibayarkan sesuai dengan ukuran jam kerjanya.

Kamu bisa mempelajari cara menjadi conten writer melalui artikel berikut ini: 8+ Tips Sukses Jadi Content Writer Profesional

4. Data Entry

Tak sedikit juga perusahaan yang membutuhkan jasa freelance data entry, yaitu untuk membantu mereka dalam mengolah data, membuat spreadsheet dan bahkan laporan keuangan.

Pekerjaan ini tidak memerlukan keahlihan khusus, paling tidak membutuhkan orang yang teliti dalam bekerja.

Pendapatan untuk pekerjaan ini terbilang tidak cukup besar, tapi untuk seorang pemula yang tidak memiliki keahlihan khusus bisa terbilang lumayan untuk pendapatannya.

5. Digital Marketer

Setiap perusahaan selalu membutuhkan orang yang mengerti cara memasarkan produk melalui internet. Yaitu adalah seorang digital merketer.

Pekerjaan freelance digital marketing begitu banyak dicari karena memiliki keahlihan khusus yaitu berbagai macam strategi pemasaran secara online.

Disini mereka harus memahami email marketing, advertising, search engine marketing, SEO management dan masih banyak lagi.

Meskipun membutuhkan keahlihan khusus, tapi pekerjaan ini mendapatkan bayaran yang besar pula.

6. Customer Service

Berkembangnya marketplace di Indonesia memungkinkan para pemilik bisnis menjalankan bisnisnya secara online. Disinilah peluang freelance customer service.

Banyak perusahaan juga yang memperkerjakan customer service secara freelaance untuk membantu menangani customer dan komplain yang masuk.

Pekerjaan ini juga terbilang mudah dan cocok untuk pemula karena kamu hanya membutuhkan seahlihan dalam berkomunikasi yang baik dan benar.

Selain itu, keahlihan dalam menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan juga dibutuhkan. Kamu akan dibayar lebih banyak jika akhirnya perusahaan tidak lagi menerima komplain dari pelanggan.

Kesimpulan

Cara jadi freelancer untuk pemula bukan hal yang sulit. Semua orang itu bisa menjadi seorang freelancer.

Memulai bekerja menjadi freelancer adalah pilihan yang tidak salah. Jika kamu memiliki keahlihan khusus dan cukup ahli dalam bidang itu, maka menjadi freelance adalah pilihan yang tepat.

Selain tidak terikat aturan dan jamnya bebas, kamu akan bisa menikmati hasil yang sesuai dengan keinginan kamu.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *