Share
  • Home
  • »
  • Design
  • »
  • Jenis-jenis dan Contoh Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-jenis dan Contoh Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.
jenis dan contoh desain grafis

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai cara menjadi desainer grafis, maka disini akan dibahas mengenai jenis-jenis contoh desain grafis.

Dunia desain grafis memang sangat luas dan juga begitu kompleks, makanya kamu perlu mengetahui beberapa contoh desain grafis begitu juga jenis-jenisnya.

Atau kalau kamu yang belum tahu dan baru belajar ilmu desain grafis, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Pertama, mengenai desain grafis itu sendiri. Desain grafis adalah sebuah proses merangkai elemenen visual sebagai media komunikasi seperti tipografim fotografi, serta ilustrasi yang tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi.

Utamanya adalah untuk menciptakan persepsi terhadap suatu pesan yang ingin disampaikan.

Proses dari desain grafis itu sendiri menggabungkan antara teknologi, estetika, dan sebuah pemikiran yang kreatif hingga membentuk sebuah gambar visual yang nantinya akan dipublikasi.

Di era sekarang, banyak bidang kehidupan menggunakan desain grafis karena dianggap sebagai teknik komunikasi yang efektif.

Nah buat kamu yang belum tahu, desain grafis ini punya banyak jenis. Dan setiap jenisnya butuh perangkat dan teknik tertentu.

Kamu yang baru belajar gak perlu khawatir, karena disini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis jenis dan contoh desain grafis yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari atau dijadikan sebagai refrensi.

Jenis-jenis dan Contoh Desain Grafis

Secara garis besar, desain grafis punya beberapa bagian yang dibagi berdasarkan jenisnya.

Dari jenis ini kamu bisa memilih untuk mendalami yang mana yang sesuai dengan keinginan kamu sebagai seorang desainer grafis.

Desain Grafis Identitas Visual

jenis jenis contoh desain grafis
Contoh Desain Grafis Identitas Visual Merek Coca-Cola (Sumber: issuu.com)

Desain grafis yang satu ini umumnya digunakan untuk branding perusahaan.

Desain grafis identitas visual adalah desain visual yang diciptakan untuk memberikan identitas bagi setiap bisnis.

Desain yang dirancang memiliki tujuan untuk menyampaikan identitas atau menyampaikan informasi mengenai sebuah merek dalam bisnis.

Seorang desainer yang memiliki kemampuan di bidang ini biasanya membuat atau merancang aset merek, yaitu membuat desain logo, tipografi, memilih warna, maskot dan elemen desain lain yang mewakili sebuah merek.

Tujuan dari adanya identitas visual ini adalah untuk membedakan sebuah merek satu dengan yang lainnya. Atau lebih tepatnya adalah menciptakan sebuah keunikan sendiri bagi sebuah merek.

Salah satu idikator identitas visual adalah ketika konsumen bisa lebih mudah mengenali suatu merek meskipun hanya melihatnya dari tampilan visualnya saja.

Contoh desain grafis identitas visual ini adalah merek Coca-cola. Kita semua dapat mengetahui merek Coca-cola melalui desain kemasannya yang identik dengan warna merah.

Desain Grafis Kemasan Produk (Packaging)

contoh kemasan produk
By Zoe Schneider

Kemasan produk adalah komponen pelindung dari sebuah produk agar tetap aman dan tidak rusak.

Dalam sebuah branding merek, kemasan produk tak hanya berperan sebagai pelindung saja. Melainkan juga sebagai alat pemasaran yang efektif.

Melalui desain kemasan produk, kita bisa menyampaikan pesan melalui teknik visual sehingga dapat menciptakan sebuah komunikasi langsung dengan konsumen.

Oleh karena itu, desain packaging seprti box, kardus, kaleng, cup, pouch, tas, dan berbagai jenis kemasan lainnya butuh desain yang dapat mengkomunikasikan identitas dari merek itu sendiri.

Terlebih jika desain tersebut memiliki nilai jual dan menarik perhatian, maka mudah saja untuk meningkatkan penjualan produk tersebut.

Kamu Mungkin Tertarik: Contoh Kemasan Produk yang Unik dan Kreatif

Desain Pemasaran dan Periklanan

jenis dan contoh desain grafis
Contoh desain grafis pemasaran (Sumber: Dibuat oleh Farhangga sendiri)

Dalam dunia bisnis, melakukan pemasaran adalah salah satu cara mengembangkan usaha dengan menjual produk dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah membuat desain grafis pemasaran dan periklanan.

Desain ini lebih fokus pada visual yang dirancang semenarik mungkin untuk mengkomunikasikan identitas, produk, kelebihan dan nilai bisnis yang lainnya.

Tujuannya tentu untuk memberikan dampak persuasif supaya konsumen dapat mempertimbangkan sebuah merek bisnis tersebut.

Umumnya, desain pemasaran ini berwujud seperti benner, spanduk, flyer, pamflet, brosur cetak ataupun digital.

Desain Publikasi

jenis jenis desain grafis
Contoh Desain Publikasi (Sumber: Babaibnu.com)

Jika kamu adalah orang yang suka membaca, maka kamu tidak asing dengan jenis desain publikasi ini.

Desain publikasi ini adalah jenis desain grafis yang implementasinya untuk industri publikasi, seperti majalah, buku, koran, katalog, maupun newsletter cetak atau digital.

Seorang desainer yang bekerja di bidang ini biasanya bekerja sama dengan editor dan penerbit untuk menciptakan visual pembaca yang berkesan melalui karya seni yang menarik.

Tugasnya adalah membuat tata letak (layout) yang melibatkan tipografi, fotografi, grafik, ilustrasi, dan elemen-elemen lainnya secara kreatif dan terogranisir secara sempurna.

Desain Antar Muka (User Interface)

cara jadi freelancer
Salah satu contoh desain user interface Farhangga.com

Mungkin diantara kamu ada yang sudah tidak asing dengan yang namanya desain user interface (UI)

Desain user interface atau desain antar muka adalah desain visual yang biasanya kita temui di sebuah aplikasi desktop, aplikasi seluler, website, dan game.

Fungsi dari desain ini adalah untuk menjembatani sebuah sistem dengan pengguna atau usernya. Sederhananya, desain ini fungsinya sebagai tampilan produk yang dilihat konsumen dari perangkat layar yang digunakan.

Proses desain UI ini wajib menyeimbangkan fungsi teknis serta elemen visual supaya bisa menciptakan sistem yang tak hanya sekedar beroperasi, tapi juga dapat berinteraksi dengan pengguna.

Sehingga tujuannya adalah bagaimana sebuah sistem tersebut dapat digunakan dengan lebih sederhana dan efisien agar pengguna dapat menikmati dengan cara yang baik.

Desain Grafis Lingkungan

contoh jenis desain grafis
Desain Interior

Untuk kamu yang asing dengan jenis desain grafis ini, secara garis besarnya ini adalah jenis desain grafis yang secara visual terhubung dengan komunikasi masyarakat terhadap lingkungan atau sebuah tempat tertentu.

Contohnya adalah arsitektur, interior, lanskap, industri dan lainnya. Beberapa hasil desain bidang ini diantaranya adalah signage, navigasi transportasi, peta lokasi, dan mural dinding.

Tujuan dari desain grafis lingkungan ini adalah untuk memberikan pengalaman masyarakat dalam membuat sebuah ruang yang berkesan, menarik, ternavigasi dan informatif dengan baik.

Desain Ilustrasi

contoh desain ilustrasi
Contoh Ilustrasi. (Dibuat oleh Farhangga)

Desain ilustrasi adalah sebuah gambaran visual dari tulisan, cerita, atau ide yang dalam pembuatannya menggunakan teknik mengambar, fotografi, lukis, serta teknik seni lainnya.

Tujuannya adalah untuk mengkomunikasian atau mengiasi informasi dengan sebuah visual yang menarik dan lebih mudah dicerna.

Hasil dari desain bidang ini begitu luas dan beragam, mencakup desain kaos, cover buku, buku cerita, video game, fotografi, stok gambar, dan masih banyak lagi.

Motion Grafis (Motion Graphic)

Sesuai dengan namanya, motion yang artinya gerakan. Motion grafis atau motion graphic adalah sebuah gambar visual yang bergerak.

Lebih lengkapnya, motion grafis ini adalah gabungan antara visual, video, audio, dan berbagai efek lain hingga menjadi sebuah gambar yang bergerak (animasi).

Motion grafis umumnya digunakan agar gambar yang terlihat tidak membosankan, sehingga terlihat lebih dinamis dan menarik.

Tujuan dari desain ini sangat luas, yaitu dari periklanan, animasi, hiburan, video game, musik, website, aplikasi, dan lain-lainnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis jenis dan contoh desain grafis yang diharapkan bisa menambah wawasan dan membantumu menemukan ide atau pekerjaan desain grafis yang tepat.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

 

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *