Search
Close this search box.
Share

9 Ide Kerja Part Time untuk Pelajar dan Mahasiswa

Farhan Anggara
Farhan Anggara
SEO Content Writer and Digital Marketer.

Apa itu kerja part time atau freelance untuk pelajar atau mahasiswa begitu dibutuhkan banyak remaja karena mereka ingin memperoleh penghasilan untuk kebutuhannya sendiri. Terlebih, hal ini juga dapat menambah pengalaman kerja bagi mereka.

Jika kamu masih kuliah atau sekolah, mungkin kamu selalu berpikir untuk kerja part time untuk mendapat uang. Apalagi untuk mahasiswa yang merantau jauh dari rumahnya.

Mengingat banyaknya bisnis di Indonesia, memungkinkan banyak lowongan yang menyediakan pekerjaan part time. Kamu bisa cek langsung di situs lowongan kerja atau sosial media yang selalu membagikan lowongan kerja part time.

Jika masih bingung kerja part time itu apa, kamu bisa langsung nyimak pembahasan berikut ini yang akan membahas secara lengkap mengenai pekerjaan part time dan bagaimana cara mendapatkannya.

Apa itu Kerja Part Time?

Kerja part time atau kerja paruh waktu merupakan pekerjaan dengan jam kerja yang lebih fleksibel dibandingkan dengan pekerjaan full time.

Jika pekerjaan full time bekerja 40 jam dalam seminggu, maka pekerjaan part time kurang dari jam tersebut. Selain berbeda dari jam kerja, part time juga umumnya bersifat sementara tergnatung dengan kebutuhan perusahaan.

Terkadang perusahaan atau bisnis membutuhkan tenaga kerja tambahan untuk membantu pekerjaan full time ketika beroperasional. Maka dari itu mereka merekrut pekerja paruh waktu atau freelance untuk pelajar dan mahasiswa.

Contohnya menjelang lebaran, penjualan online shop yang biasanya naik drastis. Pemilik bisnis ini biasanya merekrut pekerja part time untuk membantu packing order agar lebih cepat selesai.

Pekerjaan part time juga dikenal dengan sistem shift atau gantian. Tapi tetap saja perbedaan pekerja shift yang biasanya bekerja 8 jam dalam sehari sedangkan definisi dari part time itu sendiri adalah pekerjaan yang jam kerjanya kurang dari itu.

Umumnya juga tipe pekerjaan ini tidak punya kontrak kerja yang mengingat pekerja dan pemberi kerja.

kerja part time untuk mahasiswa
Foto oleh Andrea Piacquadio

Kerja part time adalah jenis pekerjaan yang banyak dicari mahasiswa, pelajar, atau siapapun yang membutuhkan penghasilan tambahan.

“Kamu boleh aja kerja part time, tapi jangan sampai mengganggu fokus utama kamu ya..”

Bayaran yang diterima biasanya diberikan setelah pekerjaan selesai atau bulanan berdasarkan nominal upah harian atau total pekerjaan yang telah selesai.

Ketika negosiasi gaji yang dibayarkkan serta fasilitas lain yang mungkin bisa kamu dapatkan.

Manfaat Kerja Part Time auntuk Mahasiswa

Ketika kamu memutuskan untuk bekerja saat sedang masa kuliah, maka kamu bisa saja mendapatkan keuntungan. Adapun berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kerja part time atau freelance untuk pelajar saat masih kuliah.

1. Menambah Uang Saku

Jelas saja ini akan jadi alasan utama. Dengan kerja part time kamu akan dapat bayaran atau gaji.

Meskipun penghasilannya tidak sebanyak bekerja full time, tapi setidaknya itu cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Uang yang didapatkan bisa digunakan kembali untuk keperluan kuliah, kost, membeli barang atau makanan yang diinginkan, atau lebih baiknya ditabung.

2. Mendapatkan Pengalaman Kerja

Mahasiswa atau pelajar mungkin masih awam dengan masalah dunia kerja. Seperti yang sudah dibahas di atas, pekerjaan part time dapat memberikan kamu sedikit gambaran tentang dunia kerja.

Pengalaman berharga tersebut bisa kamu tulis di CV sehingga itu akan menjadi nilai tambahan ketika perusahaan merekrut kamu bekerja full time suatu saat nanti.

3. Membangun Relasi

saat kamu bekerja part time, tentu saja kamu bisa menjalin hubungan dengan pemilik usaha atau pemberi kerja, rekan kerja, atau senior kamu.

Jangan lupa untuk selalu membina hubungan yang baik dan positif agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya suatu saat nanti.

Melalui relasi ini kamu bisa belajar banyak hal, dan tentu membuka peluang baru seperti bisnis, peluang kerja, atau kerja sama yang lainnya.

4. Meningkatkan Hard Skill dan Soft Skill

Ketika kamu bekerja, tentu saja kamu akan belajar banyak hal baru dan skill baru dalam dunia kerja.

Contoh ketika kamu kerja sebagai pegawai kasir, kamu bisa belajar skill berkomunikasi dengan pelanggan, mempelajari software akuntansi, hingga belajar bagaimana manajemen stok yang benar.

Intinya apapun pekerjaannya, itu dapat membantu kamu belajar meningkatkan keterampilan yang nanti akan dibutuhkan dimasa mendatang.

Entah itu bekerja di perusahaan besar, atau membangun bisnis sendiri.

Ide Kerja Part Time untuk Mahasiswa

Kerja Part Time freelance untuk pelajar dan Mahasiswa
Photo by kroshka__nastya

Jika kamu saat ini bingung dalam memilih pekerjaan part time sebagai selingan, kamu bisa memilih diantara berikut ini.

1. Fotografer

Kerja part time untuk mahasiswa ini sangat cocok untuk kamu mengingat saat ini sudah banyak handphone yang mendukung kamera dengan kualitas terbaik dapat kamu manfaatkan sebagai pekerjaan part time.

Jika kamu punya budget, menginvestasikan untuk membeli kamera bukan pilihan yang buruk. Atau kamu bisa meminjam kenalan untuk bekerja sebagai fotografer.

Ada banyak peluang kerja menjadi fotografer yaitu pernikahaan, tunangan/lamaran, ulang tahun, atau kamu juga bisa menjadi fotografer produk.

Biasanya acara-acara tersebut dapat dilakukan ketika weekend atau hari libur yang tentunya tidak akan mengganggu jadwal kelas kuliah kamu.

2. Penulis

Untuk kamu yang hobi menulis, menjadi penulis adalah pilihan paling tepat. Karena saat ini banyak sekali lowongan untuk menjadi content writer yang bisa saja kamu jalankan secara freelance.

Kamu bisa menulis di sela-sela waktu kuliah atau ketika tidak ada kegiatan. Selain waktu yang fleksibel, gaji yang kamu peroleh dari setiap artikel terbilang lumayan untuk uang saku kamu.

Kamu bisa baca tips menjadi penulis konten profesional melalui artikel berikut: 8+ Tips Sukses Jadi Content Writer Profesional

3. Barista atau Waiter

Seperti yang kita tahu, warung kopi atau coffee shop banyak tersebar di jalanan. Tak sedikit kedai kopi yang membuka lowongan kerja untuk barista dan waiter.

Jika ingin melamar pekerjaan ini, kamu nggak perlu mahir dalam membuat kopi atau latte art.

Karena pihak kedai kopi biasanya akan memberikan bimbingan supaya kamu bisa menguasai ketrampilan tersebut.

Atau yang lebih sederhana, kamu bisa melamar sebagai waiter yang tugasnya adalah mengantar makanan dan melayani pesanan pelanggan.

4. Kasir dan Pramuniaga

Pekerjaan part time sebagai kasir dapat kamu temukan di banyak situs lowongan kerja. Memilih pekerjaan ini bukan pilihan yang salah.

Kamu bisa menjadi kasir di berbagai toko seperti toko kelontong, minimarket, cafe, restoran, atau toko buku.

Hal yang harus kamu perhatikan jika menjadi seorang kasir adalah kamu harus bersikap ramah dan bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

5. Sales Promotion Girl/ Boy

Jika kamu adalah orang yang senang bertemu orang baru dan punya komunikasi yang baik, menjadi sales part time bukan pilihan yang salah loh.

Umumnya jika ada perusahaan yang merilis produk baru atau mengadakan event tertentu, mereka akan membuka lowongan untuk SPG/SPB part time supaya bisa membantu mempromosikan bisnis mereka.

6. Penerjemah

Untuk kamu yang punya keterampilan berbahasa Inggris atau bahasa asing, kamu bisa menjadi penerjemah part time.

Kamu bisa menemukan banyak lowongan kerja part time di berbagai situs lowongan. Yang diterjemahkan biasanya adalah dokumen.

Pekerjaan ini bisa kamu lakukan di rumah karena sifatnya freelance atau remote dan mengerjaannya dapat kamu sesuaikan dengan jam kuliah kamu.

7. Crew WO/EO

Tahukah kamu bahwa akhir-akhir ini lagi banyak konser atau acara pernikahan yang sering berlangsung?

Ini menjadi kesempatan yang bagus untuk kerja part time sebagai kru wedding atau event organizer.

Posisinya bisa beragam, kamu bisa memilih bekerja saat haru H saja. Misalnya menjadi pendamping keluarga pendamping.

Umumnya kamu dibayar per event dan nominalnya juga lumayan.

8. Guru Les Privat atau Tutor

apa itu Kerja Part Time untuk Mahasiswa
Foto oleh Karolina Grabowska

Jika kamu terbilang pintar dalam akademi, kamu bisa mengajar anak-anak dengan membuka les privat atau menjadi tutor.

Menjadi guru les juga nggak selalu mengajar mata pelajaran sekolah saja. Jika kamu ahli musik, kamu bisa jadi guru les musik, atau ketrampilan lain yang kamu miliki.

Atau kamu bisa jadi tutor bagi junior atau adik tingkat yang masih di semester awal.

9. Menjadi Customer Service atau Packing

Maraknya bisnis online membuka peluang bagi mereka yang membutuhkan tenaga tambahan untuk membantu operasional bisnis online yang dimiliki.

Kamu bisa melamar menjadi customer service yang kerjanya adalah membantu membalas chat pelanggan secara online. Selain itu kamu juga bisa membantu pemilik bisnis online dalam menyiapkan produk yang dijual dengan membungkusnya.

Kesimpulan

Itulah dia pembahasan lengkap mengenai ide kerja part time atau freelance untuk pelajar atau mahasiswa yang bisa kamu pelajari. Intinya kamu bisa saja mencoba salah satu dari beberapa pekerjaan di atas untuk memulai apa itu part time.

Informasi lowongan pekerjaan dapat dengan mudah kamu temukan di situs lowongan yang ada di internet.

Semoga bermanfaat, Goodluck!

Share ya!
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *